Free with Login

Peluang & Tantangan Bisnis Reasuransi Era Tahun Politik

Tahun politik 2024 dinilai dapat memengaruhi industri penjaminan, tak terkecuali reasuransi. Sejumlah perusahaan reasuransi memandang momentum tahun politik tersebut berpengaruh pada isis pendapatan premi, tarif, hingga klaim.

Rika Anggraeni & Asteria Desi Kartikasari

29 Jun 2023 - 16.48
A-
A+
Peluang & Tantangan Bisnis Reasuransi Era Tahun Politik

Petugas memberikan penjelasan kepada pengunjung di stan PT Reasuransi Indonesia Utama pada ajang Indonesia Business and Development Expo (IBDexpo) 2017 di Jakarta, Kamis (21/9)./JIBI-Dwi Prasetya

Bisnis, JAKARTA— Tahun politik 2024 dinilai dapat memengaruhi industri penjaminan, tak terkecuali reasuransi. Sejumlah perusahaan reasuransi memandang momentum tahun politik tersebut berpengaruh pada isis pendapatan premi, tarif, hingga klaim.

PT Reasuransi Maipark Indonesia dalam hal ini menilai perhelatan pesta demokrasi atau pemilihan presiden 2024 dapat berpengaruh pada kinerja reasuransi. Kondisi tersebut diamini oleh Direktur Teknik Reasuransi Maipark Indonesia Heddy Agus Pritasa. Menurutnya, perusahaan reasuransi dan pelanggan akan menyesuaikan dan mengantisipasi strategi terhadap perkembangan politik. 

Menurutnya, tahun politik akan berpengaruh terhadap strategi investasi dan perputaran uang terkait perkembangan politik. “Posisi Maipark pun sama akan terpengaruh, namun kemungkinan tidak sebesar perusahaan asuransi dan reasuransi lainnya,” ujarnya dikutip Kamis (29/6/2023).

Sementara itu, PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) atau Indonesia Re juga menilai bahwa pemilu 2024 akan mempengaruhi pergerakan ekonomi. Sebab, perputaran uang akan lebih banyak dan aktivitas akan meningkat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.