Peluncuran Perdana, Mercedes Benz G-Class Listrik Bawa Sederet Fitur Unik

Mercedes Benz G‑Class listrik dapat melakukan semua hal yang dapat dilakukan oleh G–Class. Bahkan, model berteknologi listrik ini juga menawarkan keunikan baru.

Fatkhul Maskur

27 Apr 2024 - 20.20
A-
A+
Peluncuran Perdana, Mercedes Benz G-Class Listrik Bawa Sederet Fitur Unik

Mercedes EQG 580 Edition One. - Foto Mercedes Benz

Bisnis, JAKARTA--Mercedes Benz meluncurkan perdana global G-Class 580 EQ Edition One di Los Angeles, dan Beijing, Rabu (24/4/2024). Tak hanya mempertahankan karakter tangguh off-road-nya, model kendaraan listrik terbaru juga membawa keunikan baru.

G-Class pertama kali diluncurkan 45 tahun silam. Namanya diambil dari Gelandewagen yang berarti kendaraan off-road, dan membentuk reputasinya di seluruh dunia sebagai ikon merek yang banyak dicari.

Dengan daya tahannya unggul, 80% dari seluruh G-Class yang pernah dibuat masih tetap digunakan di jalan raya atau off-road.

G-Class listrik adalah fajar baru bagi sang off-roader ikonik ini. Peluncuran perdana di Franklin Canyon Park dihadiri oleh nama-nama terkemuka di bidang musik, mode, film & budaya.

“Los Angeles adalah tempat yang terkenal dengan legendanya, itulah sebabnya kami memilih untuk memperkenalkan G-Class listrik baru kami di sini, di Beverly Hills," kata Bettina Fetzer, Wakil Presiden Komunikasi & Pemasaran Mercedes Benz AG.

Secara bersamaan, Mercedes Benz G Class listrik juga diperkenalkan di belahan dunia lain, yakni di Beijing, setelah selama lebih dari 4 dekade menunjukkan kemampuannya untuk bepergian hampir ke mana saja di dunia.

All-new Mercedes-Benz G 580 dengan Teknologi EQ Edition One diklaim menawarkan kinerja luar biasa, kualitas off-road, dan pilihan individualisasi yang tak terbatas.

“G‑Class adalah legenda sejati, dan kami sangat senang merayakan debut model serba listrik yang sangat dinantikan di Los Angeles," kata Michael Schiebe, CEO Mercedes-AMG dan Kepala Unit Bisnis Mercedes-Benz G-Class & Mercedes-Maybach.

Ia memastikan, Mercedes Benz G‑Class listrik dapat melakukan semua hal yang dapat dilakukan oleh G–Class. Bahkan, model berteknologi listrik ini juga menawarkan keunikan baru.

Baca juga:

Lolos Audit Lingkungan, Ini Fakta Menarik Mercedes Benz EQS

Mercedes Benz Segera Rilis Mobil Listrik Tercepat di Dunia

Mercedes-Benz G 580 dengan Teknologi EQ (konsumsi energi gabungan: 30,3-27,7 kWh/100 km | gabungan emisi CO₂: 0 g/km | kelas CO₂: A) sepenuhnya sesuai dengan tradisi model seri yang didirikan pada 1979.

Seperti model bertenaga konvensional, model ini didasarkan pada konsep rangka tangga, sistem pengurangan gigi off-road Low Range yang dapat dipilih, suspensi depan independen, dan poros kaku di belakang.

Baterai lithium-ion tegangan tinggi 116 kWh yang terintegrasi ke dalam rangka tangga memastikan pusat gravitasi rendah dan memungkinkan jangkauan hingga 473 kilometer.

Untuk melindunginya dari intrusi air dan kotoran, ia dibungkus casing tahan torsi. Perlindungan bagian bawah bodi mobil yang terbuat dari campuran bahan cerdas termasuk karbon melindungi baterai dari benturan fisik.

G-Class listrik baru ini ditenagai oleh empat motor yang dikontrol secara individual yang terletak di dekat roda. Mereka diintegrasikan ke dalam rangka tangga dan menghasilkan total output maksimum 432 kW dan torsi maksimum 1.164 Nm.

G-Class listrik baru menghasilkan kunci diferensial virtual melalui vektor torsi.

Konsep penggerak inovatif dari G-Class elektrik terbaru memungkinkan fungsi berkendara unik untuk penggunaan off-road: G-Turn, G-Steering, dan fungsi penjelajahan off-road cerdas.

Dengan G-Turn, pengemudi dapat langsung memutar G-Class listrik baru di tempat. Bahkan, kendaraan bisa melakukan hingga dua putaran penuh ke arah yang diinginkan pada permukaan jalan tidak beraspal.

G-Steering memastikan lingkaran putar yang jauh lebih kecil saat berkendara off-road, dan G-Roar menghadirkan pengalaman suara yang unik pada model baru, sebaliknya G-electric membuatnya dapat melaju dengan sangat senyap.

"Dengan kemampuan baru dan karakteristik unik ini, G‑Class listrik menandai babak penting bagi Mercedes-Benz sebagai pemimpin dalam penggerak listrik,” kata Michael Schiebe.

Mercedes Benz G 580 dengan teknologi EQ Edition One. Foto Mercedes Benz

Kap mesin yang sedikit terangkat, trim pilar A baru, bibir spoiler di atap, dan apa yang disebut “tirai udara” di lengkungan roda belakang berkontribusi pada optimalisasi aerodinamika dan aeroakustik interior.

Unit kontrol off-road yang didesain ulang, Cockpit Offroad baru, dan kap transparan memungkinkan pengalaman off-road digital.

Sistem infotainment MBUX (Mercedes-Benz User Experience) dan display media dan driver berukuran 31,2 sentimeter (12,3 inci) serta tampilan media dengan kontrol sentuh disertakan sebagai standar.

Di sisi lain, sistem keselamatan dan bantuan tingkat lanjut mendukung pengemudi.

Mercedes-Benz G 580 dengan Teknologi EQ Edition One adalah model khusus eksklusif yang tersedia saat peluncuran dengan palet fitur standar yang diperluas.

Mercedes EQG 580 menambah panjang daftar model kendaraan listrik Mercedes-EQ, di samping EQB, EQC, EQE, EQE SUV, EQS, EQS SUV, EQV, dan EQT.

Model pertama EQ ditampilkan di Paris Motor Show 2016 berupa kendaraan konsep. Kala itu, Mercedes-Benz menargetkan memproduksi 10 model EQ pada 2022, termasuk tiga merek Smart, yang akan mengontribusi 15%-25% penjualan global perusahaan.

Di Indonesia, Mercedes Benz sepanjang 2023 menawarkan empat model EQ-nya, yakni EQA, EQB, EQE, dan EQS. Total penjualan sebanyak 179 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.