Pemasaran Digital Makin Ramai

Sejumlah perusahaan asuransi melirik kanal pemasaran digital untuk mendorong penjualan. Simak uraiannya.

Denis Riantiza Meilanova

15 Jan 2022 - 20.30
A-
A+
Pemasaran Digital Makin Ramai

Sejumlah perusahaan asuransi melirik kanal pemasaran digital untuk mendorong penjualan. (Bisnis)

Bisnis, JAKARTA— Tren pemasaran digital oleh sejumlah perusahaan asuransi di Tanah Air makin ramai sejak pengujung tahun 2021. 

PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk. (Zurich) dan ZA Tech Global Limited (ZA Tech) berkolaborasi dengan PT Web Proteksi Solusindo (WPS) sebagai mitra broker strategis. 
 
Melalui kerja sama tersebut, perusahaan mempermudah akses masyarakat terhadap produk asuransi di dunia digital. Hal ini mengingat tingkat penetrasi asuransi di Indonesia masih di bawah 2 persen bila dibandingkan dengan populasinya yang mencapai 271 juta jiwa. 

Direktur Utama PT Zurich Asuransi Indonesia Tbk., Hassan Karim mengatakan pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku konsumen, di mana lebih banyak orang kini mengandalkan teknologi digital untuk memenuhi kebutuhan mereka, yang kemungkinan akan terus berlanjut meski pandemi sudah selesai.
 
Menurutnya, keahlian teknologi yang dimiliki ZA Tech akan mendukung Zurich dalam menyediakan kenyamanan dan perlindungan terbaik bagi nasabah, melalui teknologi termutakhir yang mampu menghadirkan asuransi yang lebih mudah diakses, digital, dan terjangkau.
 
Dengan pandemi yang masih berlanjut, proteksi menjadi lebih penting dari sebelumnya dan Zurich berkomitmen untuk meningkatkan akses nasabah terhadap produk asuransi.
 
"Nasabah kini dapat membeli produk asuransi di manapun melalui aplikasi Grab, berkat dukungan teknologi dari ZA Tech yang memiliki misi untuk menyukseskan ekosistem mitra dan penyedia asuransi melalui teknologi dan pengetahuan yang unggul," katanya.
 
Langkah yang sama juga ditempuh PT Asuransi Tugu Pratama Indonesia Tbk. atau Tugu Insurance yang menggandeng salah satu insurtech, PT Fokus Solusi Proteksi (Cermati Protect), untuk memperkuat pemasaran produk asuransi secara digital.
 
Presiden Direktur Tugu Insurance, Indra Baruna menjelaskan, kerja sama dengan Cermati Protect terutama untuk mendukung penetrasi pemasaran lini kendaraan bermotor di pasar digital. Hal ini sesuai dengan strategi perseroan dalam usaha pengembangan bisnis ritel melalui produk khusus serta optimalisasi platform digital untuk memberikan pengalaman konsumen yang lebih baik. 

Dia berharap melalui kerja sama tersebut, perusahaan bisa menambah jumlah polis kendaraan bermotor pada 2022. Adapun, pada September 2021, jumlah polis aktif hingga sekira 78.000 atau tumbuh enam kali lipat dalam dua tahun terakhir. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyanti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.