Pembagian BLT Mitigasi Risiko Pangan Ditunda Jadi Maret

Pemerintah telah menetapkan penyaluran BLT ini sebesar Rp200.000 per bulan untuk periode Januari hingga Maret 2024, kepada sebanyak 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Maria Elena

24 Feb 2024 - 20.52
A-
A+
Pembagian BLT Mitigasi Risiko Pangan Ditunda Jadi Maret

Presiden Joko Widodo menyerahkan bantuan langsung tunai (BLT) BBM dan bantuan subsidi upah (BSU) kepada para penerima manfaat di Kantor Pos Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, pada 2022. /Dok. Setpres

Bisnis, JAKARTA – Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menyampaikan bahwa penyaluran bantuan langsung tunai (BLT) mitigasi risiko pangan akan diundur menjadi Maret 2024.

Adapun, pemerintah telah menetapkan penyaluran BLT ini sebesar Rp200.000 per bulan untuk periode Januari hingga Maret 2024 kepada sebanyak 18,8 juta keluarga penerima manfaat (KPM).

Baca juga: Peluang Investasi dari Program Makan Siang Gratis Prabowo-Gibran

Sebelumnya, penyaluran BLT mitigasi risiko pangan dijadwalkan pada awal Februari 2024, dan penyalurannya dirapel, yang artinya KPM akan langsung menerima BLT sebesar Rp600.000 untuk periode 3 bulan.

 “[BLT mitigasi risiko pangan] nanti berlaku 3 bulan, [penyaluran di] Maret,” Katanya, Jumat (23/2/2024).

 Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Bisnis/Arief Hermawan P 

Pada kesempatan sebelumnya, Airlangga mengatakan bahwa BLT risiko pangan merupakan program pengganti BLT El Nino yang disalurkan pada akhir 2023.

Setelah disalurkan untuk periode 3 bulan pertama di 2024, pemerintah selanjutnya akan mengevaluasi terkait kelanjutan pemberian BLT ini untuk bulan-bulan berikutnya.

Baca juga: Airlangga: Penyaluran BLT Mitigasi Risiko Pangan Diundur Maret

"Jumlahnya Rp200.000 per bulan dan tentu akan dievaluasi setelah tiga bulan. Jadi, hingga bulan Maret nanti, kita akan melakukan evaluasi, kemudian kita akan mempertimbangkan langkah selanjutnya," jelasnya.

Pemerintah pun telah menetapkan alokasi anggaran untuk penyaluran BLT itu, yaitu sebesar Rp11,25 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.