Pembengkakan Utang Global Kian Mengkhawatirkan

Utang baik di negara miskin dan kaya menumpuk, menciptakan kekhawatiran rentetan kasus gagal bayar di tengah tingginya suku bunga. Pada saat yang sama, kreditur terbesar dunia, China menjadi hambatan bagi upaya restrukturisasi utang secara global.

Nindya Aldila

4 Des 2022 - 18.14
A-
A+
Pembengkakan Utang Global Kian Mengkhawatirkan

Presiden World Bank David Malpass (kiri) dan Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgiva dalam pertemuan tingkat menteri G20 pada Selasa (11/10/2022) di Washington D.C (Twitter)

Bisnis, JAKARTA - Lembaga pendanaan internasional mengungkapkan kekhawatirannya terhadap pembengkakan utang baik di negara miskin dan kaya. Hal itu juga dipicu oleh kurangnya inisiatif China sebagai kreditur terbesar dunia untuk berperan terhadap restrukturisasi utang.  

Kepala Bank Dunia David Malpass mengatakan bahwa lembaga keuangan internasional sudah sejak lama memberi peringatan adanya kenaikan utang, terutama seiring dengan kenaikan suku bunga acuan yang dilakukan untuk meredam inflasi.

"Saya khawatir akan kekacauan pada gagal bayar di mana tidak adanya sistem yang benar-benar dapat mengatasi masalah di negara miskin," katanya dalam sebuah acara yang diadakan oleh Reuters pada Kamis, seperti dikutip Bisnis.com yang melansir Bloomberg pada Jumat (2/12/2022). 

"Kita juga harus mengatasi masalah di negara ekonomi maju. Negara-negara raksasa ini menumpuk utang. Dengan kenaikan suku bunga acuan, biaya utang akhirnya naik dan itu menimbulkan beban yang besar dari dunia," ungkapnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pembengkakan Utang Global Kian Mengkhawatirkan

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.