Pembiayaan Iklim COP27, Komitmen Negara Maju Dipertaruhkan

Di tengah kebutuhan penanganan iklim yang mencapai US$1 triliun per tahun, komitmem negara maju dalam pendanaan iklim senilai US$100 miliar per tahun masih belum terpenuhi.

Saeno

9 Nov 2022 - 18.25
A-
A+
Pembiayaan  Iklim COP27,  Komitmen Negara Maju Dipertaruhkan

COP27 menjadi saat bagi negara maju mengimplementasikan komitmen pembiayaan untuk mengatas krisis iklim./Facebooki

Bisnis, JAKARTA –  Pembiayaan untuk penanggulangan iklim masih jauh pasak dari tiang. Di tengah kebutuhan penanganan iklim yang mencapai US$1 triliun per tahun, komitmem negara maju dalam pendanaan iklim senilai US$100 miliar per tahun masih belum terpenuhi. Padahal, ambisi untuk menekan pemanasan global dan menurunkan tingkat  emisi karbon sudah menjadi rencana global.

Dalam sebuah artikel di situs imf.org, yang diunggah 23 Maret 2022, Kristalina Georgieva, Vitor Gaspar dan Ceyla Pazarbasioglu menegaskan bahwa negara miskin dan rentan membutuhkan dukungan untuk beradaptasi dengan perubahan iklim.

Negara-negara termiskin menghadapi risiko terbesar dari perubahan iklim dan membutuhkan dukungan internasional untuk membiayai adaptasi. Sementara itu, sebuah laporan Panel Antarpemerintah PBB tentang Perubahan Iklim menguraikan konsekuensi dramatis atas kegagalan mengekang kenaikan suhu global dan beradaptasi dengan planet yang lebih panas.

“Adaptasi harus mengatasi risiko dari perubahan iklim dan cuaca ekstrem, misalnya dengan menjaga pertanian, mengelola dampak kenaikan air laut, dan membuat infrastruktur lebih tangguh,” ujar ketiganya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.