Pemegang Saham Sepakat Vale (INCO) Rights Issue 603 Juta Saham

INCO mendapat persetujuan pemegang saham untuk rencana melakukan Penambahan Modal Perseroan dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD).

Redaksi

22 Apr 2024 - 19.17
A-
A+
Pemegang Saham Sepakat Vale (INCO) Rights Issue 603 Juta Saham

Proses penambangan Nikel PT Vale Indonesia Tbk. di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur, Sulawesi Selatan, Jumat (28 7 2023). Foto Bisnis-Paulus Tandi Bone

Bisnis, JAKARTA—Emiten pertambangan nikel PT Vale Indonesia Tbk. (INCO) akan rights issue berdasarkan kesepakatan yang dibuat pada Rapat Umum Pemegang Saham Luar Biasa (RUPSLB) pada Jumat (19/4/2024).

Dalam rapat tersebut, INCO mendapat persetujuan pemegang saham untuk rencana melakukan Penambahan Modal Perseroan dengan Memberikan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (PMHMETD).

PMHMETD diberikan kepada para pemegang saham melalui mekanisme penawaran umum terbatas atas Saham Baru,  yakni sebanyak-banyaknya 603.445.814 saham biasa baru dengan nilai nominal Rp25 per lembar saham.

Penetapan ini berdasarkan Peraturan OJK Nomor 32/POJK.04/2015 tentang PMHMETD sebagaimana diubah dengan Peraturan OJK Nomor 14/POJK.04/2019.

"Selaras dengan persetujuan di atas, Vale Indonesia juga akan meningkatkan modal disetor dan modal ditempatkan sehubungan dengan pelaksanaan PMHMETD yang mana merupakan perubahan Pasal 4 anggaran dasar perseroan, yang mana disetujui oleh RUPSLB," jelas manajemen INCO dalam keterangan resmi.

Baca juga: Di Balik Suara Tak Puas DPR Atas Divestasi Saham Vale ke MIND ID

Selain itu, RUPSLB juga menyetujui untuk menegaskan, menetapkan, dan menyusun kembali susunan para pemegang saham INCO, setelah penyelesaian transaksi pengambilalihan (termasuk PMHMETD).

Pada mata acara terakhir, RUPSLB juga menyetujui menyetujui perubahan Pasal 11 (Direksi), Pasal 12 (Tugas dan Wewenang Direksi), Pasal 13 (Rapat Direksi), Pasal 16 (Tugas dan Wewenang Dewan Komisaris) dan Pasal 17 (Rapat Dewan Komisaris) anggaran dasar Perseroan.

Lalu, terdapat juga pernyataan kembali seluruh ketentuan dalam anggaran dasar INCO sehubungan dengan perubahan tersebut.

“Keputusan perubahan tersebut hanya akan berlaku efektif pada dan sejak penyelesaian transaksi pengambilalihan dan penerbitan Izin Usaha Pertambangan Khusus sebagai Kelanjutan Operasi Kontrak/Perjanjian kepada perseroan,” tulis manajemen. (Muhamamad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.