Free

Pemerintah Brunei Tegaskan Tak Pernah Tawarkan Kereta Cepat Malaysia-IKN

Pemerintah Brunei Darussalam mengimbau agar berhati-hati dalam membuat pernyataan di publik.

Erta Darwati

6 Apr 2024 - 23.30
A-
A+
Pemerintah Brunei Tegaskan Tak Pernah Tawarkan Kereta Cepat Malaysia-IKN

Kereta Cepat Jakarta-Bandung. Bisnis/Rahman

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah Brunei Darussalam membantah telah menawarkan atau menunjuk perusahaan terkait rencana pembangunan proyek kereta cepat Trans Borneo yang melintasi Ibu Kota Nusantara (IKN).

Mereka menyatakan bahwa belum menunjuk perusahaan lokal atau asing untuk menangani proyek tersebut.

Kereta Trans Borneo baru-baru ini ramai dibahas masyarakat di media sosial lantaran akan menghubungkan transportasi 3 negara sekaligus, yakni Indonesia, Malaysia, dan Brunei Darussalam.

Baca juga: Mengintip PSN Baru Pengembangan Kawasan PIK dan BSD, Hadiah Jokowi atas IKN

"Sehubungan dengan itu, Kementerian Perhubungan dan info komunikasi ingin menyampaikan pernyataan bahwa Pemerintah Brunei Darussalam tidak pernah menawarkan atau bahkan menunjuk perusahaan lokal atau asing untuk menangani proyek tersebut," tulis MTIC di situs resminya, Sabtu (6/4/2024).

Selain itu, pada saat yang sama, pemerintah Brunei Darussalam juga menyatakan belum ada diskusi resmi di tingkat pemerintah mengenai hal itu maupun antara negara bagian dan pihak-pihak yang berkepentingan. 

"Proyek sebesar itu tentunya memerlukan komitmen dari pemerintah masing-masing terlebih dahulu," tambahnya. 

Adapun, pada kesempatan itu, kementerian tersebut juga mengimbau agar berhati-hati dalam membuat pernyataan di publik. 



Selain itu, perlunya mengkaji dan mengesahkan setiap informasi yang diterima, karena penting untuk mencegah terjadinya salah paham dan untuk menciptakan keharmonian masyarakat antarnegara.

Perusahaan asal Brunei Darussalam, Brunergy Utama, sebelumnya menyebut tengah menggodok rencana membangun kereta cepat Trans Borneo itu, dengan Malaysia dan Indonesia yang menghubungkan Sabah, Sarawak, Brunei, dan wilayah IKN di Kalimantan.

Proyek Kereta Trans Borneo disebut akan membentang sejauh 1.620 kilometer melewati 3 negara dari Barat hingga Timur Pulau Kalimantan.

Baca juga: Brunei Bantah Tawarkan Kereta Cepat Trans Borneo Malaysia-IKN, Batal Dibangun?

Melansir Nikkei Asia sebagaimana yang dikutip bisnis.com, tahap pertama proyek Kereta Cepat Trans Borneo akan menghubungkan Pontianak, Ibu Kota Kalimantan Barat, Kuching, Kinabalu, hingga distrik Tutong, Brunei.

Sementara itu, tahap kedua Trans Borneo akan melintasi daerah Selatan dan Timur Kalimantan, termasuk Samarinda dan Balikpapan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.