Pemerintah Buka Suara Rencana Proyek Jalan Tol Lingkar Solo

Rencana pembangunan ruas tol masih menuai pro dan kontra. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sebetulnya mengusulkan ke Kementerian PUPR berupa proyek Jalan Lingkar Luar Solo non-tol, sejak tahun 2015. Setahun berselang, dilakukan studi kelayakan namun hasilnya tak kunjung ada tindak lanjut.

Yanita Petriella

17 Jan 2023 - 19.54
A-
A+
Pemerintah Buka Suara Rencana Proyek Jalan Tol Lingkar Solo

Pembangunan Jalan Tol Solo - Yogya

Bisnis, JAKARTA – Rencana pembangunan ruas tol masih menuai pro dan kontra. Pemerintah Kota (Pemkot) Solo sebetulnya mengusulkan ke Kementerian PUPR berupa proyek Jalan Lingkar Luar Solo non-tol, sejak tahun 2015. Setahun berselang, dilakukan studi kelayakan namun hasilnya tak kunjung ada tindak lanjut. 

Kemudian tahun 2021, Pemkot Solo melayangkan surat untuk mempertanyakan perihal proyek itu kepada Kementerian PUPR. Setelah itu, pemerintah kembali melakukan studi kelayakan pada 2022 – 2023. Akan tetapi, studi kelayakan terbaru justru pembangunan jalan tol.

Menyusul desakan berbagai pihak untuk mengatasi makin beratnya beban jalan di Kota Solo, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) melalui Sekretariat Badan Pengatur Jalan Tol membuat kajian baru tentang jalan tol. Opsi ini berbeda dari usulan sebelumnya, yakni berupa jalan lingkar yang desainnya telah disusun sejak 2016.
   
Rencana pembangunan Jalan Tol Lingkar Timur – Selatan Solo di sekitar perbatasan Kota Solo itu terungkap dengan munculnya tender proyek studi kelayakan di laman Layanan Pengadaan Secara Elektronik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (LPSE Kementerian PUPR).

Pada laman lpse.pu.go.id, terdapat data tender dengan nama paket Penyusunan Studi Kelayakan dan Desain Awal Jalan Tol Lingkar Timur – Selatan Kota Surakarta. Tender itu diumumkan pada 13 Juni 2022. Lelang tender proyek studi kelayakan dan desain awal itu dimenangi oleh PT Virama Karya (Persero), sebuah badan usaha milik negara (BUMN) yang bergerak dalam bidang konsultansi konstruksi. Penandatanganan kontrak senilai Rp4,13 miliar itu dilakukan pada 31 Oktober 2022.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pemerintah Buka Suara Rencana Proyek Jalan Tol Lingkar Solo

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.