Pemerintah Lanjutkan Impor Gandum Pakan Substitusi Jagung

PT Berdikari (Persero) akan mendatangkan gandum klasifikasi pakan ternak sebanyak 300.000 ton sampai dengan November 2021.

Iim Fathimah Timorria

22 Sep 2021 - 15.02
A-
A+
Pemerintah Lanjutkan Impor Gandum Pakan Substitusi Jagung

Ladang gandum/istimewa

Bisnis, JAKARTA — Di tengah gejolak harga jagung pakan di dalam negeri, pemerintah melalui PT Berdikari (Persero) melanjutkan impor komoditas gandum sebagai bahan baku pakan ternak.

Direktur Utama Berdikari Harry Warganegara mengatakan kedatangan gandum impor gelombang ketiga pada Rabu (22/9/2021) merupakan solusi dalam upaya menjaga stabilitas harga produk unggas mulai dari live bird, daging ayam, hingga telur.

Gandum yang didatangkan memiliki klasifikasi pakan ternak sehingga berbeda dengan gandum untuk bahan baku pangan konsumsi.

Selain sebagai upaya stabilisasi harga pakan ternak, kedatangan gandum spesifikasi pakan ini juga diklaim memberikan pemasukan negara.

Tidak seperti gandum untuk konsumsi/pangan yang tidak dikenakan bea masuk, gandum untuk pakan dikenakan bea masuk sebesar 5%.

Berdikari yang merupakan bagian dari Klaster Pangan BUMN akan mendatangkan gandum klasifikasi pakan ternak sebanyak 300.000 ton sampai dengan November 2021.

Adapun, dalam pengiriman ketiga, volume yang masuk berjumlah 25.000 ton.

“Gandum yang Berdikari datangkan adalah amanat pemerintah dalam upaya bersama
menstabilkan harga pakan ternak,” kata Harry di sela proses bongkar muat gandum di Cigading, Banten seperti dikutip dari keterangan resmi, Rabu (22/9/2021).

Harry mengatakan distribusi dan penyaluran logistik dari gandum akan bersinergi dengan Berdikari Logistik Indonesia sebagai unit bisnis perusahaan.

"Gandum didatangkan secara bertahap dengan memantau pergerakan harga serta ketersediaan jagung pakan di sentra produksi lokal sehingga dapat memberikan dampak positif bagi petani," tambahnya.

Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kemendag Oke Nurwan pada Juni 2021 mengatakan  pemerintah telah menyetujui impor gandum sebagai alternatif bahan baku pakan ternak sebanyak 300.000 ton sebagai antisipasi atas risiko gejolak harga pakan unggas.

Keputusan ini keluar melalui rapat koordinasi teknis lintas kementerian dan lembaga yang dilaksanakan pada 23 April 2021.

“Betul, pemerintah melalui rakornis telah menyetujui impor gandum untuk alternatif pakan ternak sebanyak 300.000 ton. Pelaksanaannya melalui mekanisme business to business setelah berkoordinasi dengan GPMT. Artinya pelaku bisnis yang melaksanakan,” kata Oke saat itu.

Oke mengatakan pemerintah tidak mengeluarkan persetujuan impor (PI) untuk importasi gandum untuk pakan.

Dia menyebut komoditas tersebut tidak masuk daftar barang yang tata niaganya diatur. Gandum sendiri bisa menjadi substitusi jagung dalam pakan ayam, meski komposisinya tidak terlalu besar untuk pakan ayam petelur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Wike D. Herlinda

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.