Pemilik Tesla di China Tuntut Pemangkasan Harga

Penurunan harga mobil listrik Tesla dadakan hingga 20 persen yang dilakukan oleh distributor di China telah memicu protes dari ratusan pemilik kendaraan setrum terbesar itu.

Nindya Aldila

9 Jan 2023 - 14.39
A-
A+
Pemilik Tesla di China Tuntut Pemangkasan Harga

Logo Tesla di dealer Easton Town Center shopping mall in Columbus, Ohio, AS (Bloomberg-Luke Sharrett)

Bisnis, JAKARTA - Penurunan harga mobil listrik Tesla dadakan hingga 20 persen yang dilakukan oleh distributor di China telah memicu protes dari ratusan pemilik kendaraan setrum terbesar itu.

Pada Sabtu, sekitar 200 [embeli Tesla Model Y dan Model 3 baru-baru ini berkumpul di pusat pengiriman Tesla di Shanghai setelah pemangkasan harga untuk kedua kalinya dalam 3 bulan. Para pengguna memprotes karena tidak percaya bahwa Tesla memangkas dengan harga serendah itu, seperti dilaporkan Antara, Senin (9/1/2023).

Hal itu terekam dalam video yang diunggah di media sosial. Dalam video tersebut, terlihat kerumunan orang di toko Tesla dan pusat pengiriman di kota-kota China lainnya dari Chengdu hingga Shenzhen. 

Berakhirnya subsidi pemerintah yang dijadwalkan pada akhir tahun 2022 juga mendorong banyak orang untuk menyelesaikan pembelian mereka.

Tesla Model 3 (Tesla)


Setelah diskon kejutan pada Jumat (6/1/2023), harga kendaraan listrik Tesla di China kini antara 13 persen dan 24 persen di bawah harga bulan September.

Analis mengatakan langkah Tesla kemungkinan akan meningkatkan penjualannya yang jatuh pada bulan Desember, dan memaksa pembuat kendaraan listrik lainnya untuk juga memangkas harga pada saat permintaan yang goyah di pasar terbesar dunia untuk mobil bertenaga baterai.

"Ini mungkin praktik bisnis yang normal, tetapi ini bukan perilaku perusahaan yang bertanggung jawab," kata salah satu pemilik Tesla yang melakukan aksi protes di pusat pengiriman perusahaan di pinggiran kota Minhang Shanghai pada Sabtu (7/1), yang memberikan nama belakangnya sebagai Zhang.

Sebelumnya, Tesla di China menawarkan mobil SUV Model Y produksi lokal dengan harga awal 259.900 yuan (US$37.875) atau setara Rp591 juta. Harga tersebut merupakan harga terendah di pasar Chijna atau 43 persen lebih murah dari harga awal US$65.900 setara Rp1 miliar yang di situs Tesla Amerika Serikat (AS).

Sementara itu, Tesla Model 3 dijual dengan harga awal 229.900 yuan, turun dari 265.900 yuan, sekitar 30 persen lebih murah daripada di AS.

Tesla sudah memangkas harga di China tahun lalu untuk meningkatkan penjualan karena persaingan memanas di segmen massal dan premium, bersama BYD Co yang didukung Warren Buffett, Xpeng Inc dan Nio Inc, serta pabrikan internasional seperti Porsche AG dan Mercedes Benz Group AG.

Tesla yang berbasis di Austin, Texas, ini adalah pemain dominan di sektor mobil listrik China. Perusahaan melokalkan produksi sedan Model 3 pada akhir 2019 ketika membuka pabrik di Shanghai dengan kapasitas produksi 450.000 mobil per tahun.

Perusahaan berhasil mengirim lebih dari 710.000 kendaraan dari Shanghai pada 2022, mewakili sekitar 54 persen dari penjualannya di seluruh dunia. Namun, pengiriman melambat pada bulan Desember karena penghentian produksi.

(Asahi Asry Larasati)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.