Free

Pemprov Banten Dorong Penyedia Jasa Travel Bergabung Pengadaan Digital

Dengan terdaftar di platform marketplace travel, travel agent dapat melayani berbagai OPD di lingkungan Provinsi Banten secara daring tanpa perlu lagi menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) layaknya online travel (OTA).

Yanita Petriella

6 Feb 2024 - 19.05
A-
A+
Pemprov Banten Dorong Penyedia Jasa Travel Bergabung Pengadaan Digital

ilustrasi travel agent.

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah Provinsi Banten bersama dengan Lembaga Kebijakan Pengadaan Pemerintah Republik Indonesia (LKPP RI) membuka peluang Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) jasa travel untuk berpartisipasi dalam pengadaan barang dan jasa digital pemerintah. 

Hal ini dilakukan dengan menggelar Temu Bisnis antara penyedia lokal dan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten. 

Asisten Pembangunan, Perekonomian dan Pengadaan Provinsi Banten M. Yusuf mengatakan sejumlah 662 penyedia UMKM lokal dengan 13.854 total produk tayang telah terdaftar di platform Toko Daring Mbizmarket mitra Toko Daring LKPP, sejak transformasi pengadaan digital di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten dilakukan pada 2022 melalui program e-purchasing.

“Kegiatan Temu Bisnis ini sangat bagus dan bermanfaat, karena bisa memfasilitasi UMKM agar dapat berpartisipasi ke dalam sistem pengadaan pemerintah. Kami berterima kasih atas kesempatan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Banten, dan juga kepada Mbizmarket, yang telah mendukung proses pengadaan barang dan jasa kebutuhan pemerintah, sebagai e-commerce mitra Toko Daring LKPP,” ujarnya dalam keterangan, Selasa (6/2/2024). 

Melalui Temu Bisnis ini, pelaku bisnis penyedia barang dan jasa lokal bidang travel di Banten mendapat kemudahan mengakses pengadaan digital pemerintah.

Bagi penyedia travel agent yang sebelumnya melayani OPD di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten secara langsung, kini dapat mendaftarkan perusahaannya di platform marketplace travel yang telah diresmikan kerja samanya.

Dengan terdaftar di platform marketplace travel, travel agent dapat melayani berbagai OPD di lingkungan Provinsi Banten secara daring tanpa perlu lagi menyediakan Sumber Daya Manusia (SDM) layaknya online travel (OTA). 

Selain itu, penyedia travel agent kini tidak perlu lagi repot memvalidasi Pejabat Pengadaan (PP) yang memesan perjalanan dinas karena marketplace travel telah melakukan kurasi terlebih dahulu terhadap PP yang mendaftar. Kemudahan lain yang didapat oleh travel agent adalah mekanisme pembayaran online termasuk dapat menerima pembayaran dengan Kartu Kredit Indonesia (KKI). 

Pemerintah Provinsi Banten telah membuat surat edaran dimana semua organisasi perangkat daerah (OPD) harus melakukan belanja barang dan jasa melalui Bela Pengadaan mitra toko daring LKPP dan e-katalog.

“Mekanisme dan sistemnya sudah difasilitasi oleh LKPP. Bila selama ini pengadaan pemerintah di Banten hanya dilayani oleh beberapa penyedia saja, kini dengan adanya Temu Bisnis antara penyedia lokal dan OPD ini, akan terbuka peluang yang luas bagi penyedia lain di Banten, yang jumlahnya sangat banyak untuk berpartisipasi dalam pengadaan pemerintah,” kata Yusuf.

Menurutnya, Organisasi Perangkat Daerah di Provinsi Banten dapat memanfaatkan fitur MbizTravel di mana prosesnya akan jauh lebih mudah. 

Baca Juga: Memacu Digitalisasi Pengadaan Barang & Jasa di Daerah Tertinggal



Direktur Perencanaan Transformasi Pemantauan dan Evaluasi LKPP RI Fadli Arif menuturkan sesuai dengan Peraturan LKPP No. 9 Tahun 2021 untuk kategori barang dan jasa yang sesuai ketentuan standar, memiliki sifat resiko rendah dan harga sudah terbentuk di pasar, Pemerintah Provinsi Banten dapat memanfaatkan pengadaannya melalui toko daring. Hal ini agar pengadaan menjadi lebih cepat, mudah, transparan, akuntabel dan tercatat secara elektronik.

CEO & Co-Founder Mbizmarket Ryn Mulyanto Riyadi Hermawan menuturkan dengan diperkenalkannya MbizTravel diharapkan tantangan-tantangan yang dihadapi oleh OPD Pemerintah Provinsi Banten dalam mengelola perjalanan dinas dapat teratasi. 

Pihaknya telah membangun infrastruktur platform dan ecosystem e-commerce MbizTravel dengan melibatkan penyedia travel agent lokal di Banten. Diharapkan, kebutuhan pengadaan digital terkait perjalanan dinas di Pemerintah Provinsi Banten dapat kami akomodasi mulai dari mekanisme persetujuan, termin pembayaran yang beragam, mekanisme perpajakan, hingga laporan dan analisis transaksi.

Pemerintah Provinsi Banten dalam surat edarannya, menginstruksikan seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah di Provinsi Banten untuk melakukan pengadaan barang dan jasa secara digital melalui mitra Toko Daring LKPP, sebagai metode pengadaan barang dan jasa kebutuhan pemerintah. 

“Dengan pemanfaatan fitur MbizTravel untuk mengelola perjalanan dinas kebutuhan pemerintah, diharapkan dapat meningkatkan efektifitas dan efisiensi kerja, sekaligus mendukung UMKM travel agent lokal di Provinsi Banten,” ucapnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.