Pemprov DKI Jakarta Mulai Terapkan Tilang Uji Emisi Kendaraan

Para pengendara kendaraan bermotor di Ibu Kota dapat melakukan uji emisi di bengkel uji emisi, kios uji emisi, dan kendaraan layanan uji emisi yang beroperasi mobile.

Rahmad Fauzan

3 Nov 2021 - 14.39
A-
A+
Pemprov DKI Jakarta Mulai Terapkan Tilang Uji Emisi Kendaraan

Petugas melakukan uji emisi kendaraan bermotor/Bisnis

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta segera menerbitkan aturan baru tentang emisi kendaraan bermotor baik roda dua maupun roda empat yang lalu lalang di jalanan ibu kota.

Penerapan aturan uji emisi mulai diberlakukan  pada 13 November 2021.

Bagi kendaraan, baik mobil dan sepeda motor yang dinyatakan tidak lulus uji emisi akan dikenakan sanksi tilang.

Uji emisi sepeda motor mitra Gojek di Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta/dinaslhdki

"Mobil penumpang perseorangan dan motor berusia di atas 3 tahun yang beroperasi di wilayah Jakarta akan dikenakan sanksi tilang," tulis akun Instagram resmi Pemprov DKI Jakarta seperti dikutip Bisnis.com, Rabu (3/11/2021).

Para pengendara kendaraan bermotor di Ibu Kota dapat melakukan uji emisi di sejumlah lokasi, antara lain; bengkel uji emisi, kios uji emisi, dan kendaraan layanan uji emisi yang beroperasi secara mobile.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria mengakui regulasi berupa peraturan gubernur (Pergub) terkait dengan pengaturan emisi kendaraan bermotor akan segera dikeluarkan.

"Kami akan berikan sanksi. Nanti akan dikeluarkan Pergub terkait dengan uji emisi. Diminta semua kendaraan yang belum melakukan uji emisi untuk segera melaksanakan uji emisi," kata Riza.

Bagi pemilik kendaraan yang melanggar, Pemprov DKI Jakarta bakal mengenakan sanksi berupa denda dengan perincian; mobil Rp500.000 dan motor Rp250.000.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rustam Agus

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.