Pemprov Sulsel Perkuat Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Tender beberapa pembelian barang oleh OPD di Sulsel pun mulai diarahkan melalui aplikasi ini. Upaya ini sekaligus memperkuat ekosistem digitalisasi daerah dengan mempersiapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Nugroho Nafika Kassa

27 Nov 2023 - 12.27
A-
A+
Pemprov Sulsel Perkuat Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik

Bisnis, MAKASSAR — Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) mendorong percepatan dan perluasan digitalisasi di wilayahnya dengan penerapan pembayaran digital di UMKM hingga pembayaran pajak. 

Staf Ahli Gubernur Sulsel Bidang Ekonomi, Pembangunan, dan Keuangan, Subbidang Keuangan, Since Erna Lamba mengatakan pada tahun ini Pemprov secara reguler memfasilitasi publikasi penjualan produk UMKM di marketplace lokal milik pemerintah provinsi bernama Bajubodo.

Tidak hanya itu, tender beberapa pembelian barang oleh OPD pun mulai diarahkan melalui aplikasi ini. Upaya ini sekaligus memperkuat ekosistem digitalisasi daerah dengan mempersiapkan sistem pemerintahan berbasis elektronik.

Baca juga: Unjuk Gigi Bakti Kominfo Dorong Ekonomi Daerah 3T di Indonesia

Pemerintah provinsi juga memiliki program unggulan aplikasi pembayaran pajak digital. Aplikasi ini diterapkan untuk mempermudah transaksi pembayaran oleh masyarakat, meningkatkan PAD, hingga transparansi pemgelolaan pajak daerah. 

“Selain itu ada juga program sinergi kebijakan dengan penggunaan Qris. Kerja sama pembayaran pajak dengan Tokopedia, Gopay, dan Qris,” ungkapnya pada acara Jelajah Sinyal & Festival Literasi Digital 2023 dengan tema Digitalisasi, Pengungkit Ekonomi Daerah 3T di Universitas Hasanuddin Makassar, Kamis (23/11/2023).

Since juga menjelaskan jika semua program tersebut masih akan terus ditingkatkan pengaplikasiannya pada 2024 mendatang untuk mewujudkan sistem pemerintahan yang berbasis elektronik. 

“Kami akan selalu memgembangkan digitalisasi di Sulsel. Kami sangat senang banyak pihak yang ikut konsen bersama kami dalam pemgembangan ini seperti Bisnis Indonesia dan Bakti. Kami percaya melalui digitalisasi ini bisa meningkatkan perekonomian Sulsel,” ujarnya.

Menurut dia, wilayah Sulsel telah berhasil menjadi daerah terbaik pertama di Sulawesi untuk percepatan dan perluasan digitalisasi, meskipun indeks literasi digitalnya baru di angka 3,5%. “Digital ini, suka atau tidak harus digencarkan. Pelayanan pemerintah harus memberikan yang cepat dan murah. Karena bisa menjadi keunggulan ekonomi melalui pemanfaataan teknologi digital sebagai kunci membangun ekonomi yang tangguh dan berkelanjutan,” tuturnya.
 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.