Pemudik Motor Bisa Melepas Lelah di Rumah Pertamina Siaga

Rumah Pertamina Siaga dan Lesehan Enduro itu bertujuan untuk memberikan layanan singgah bagi pemudik yang menggunakan motor selama arus mudik lebaran tahun ini yang dibuka sejak 26 April 2022 yang akan tetap beroperasi hingga 2 Mei 2022 mendatang.

Yanita Petriella

29 Apr 2022 - 12.46
A-
A+
Pemudik Motor Bisa Melepas Lelah di Rumah Pertamina Siaga

Rumah Pertamina Siaga dan Lesehan Enduro di Masjid Al-Fairuz Pekalongan, Jawa Tengah. Bisnis - Muhammad Olga

Bisnis, SEMARANG —  PT Pertamina Lubricants menyiapkan kembali Rumah Pertamina Siaga dan Lesehan Enduro untuk menyambut arus mudik kendaraan bermotor di lima titik berbeda yang tersebar di Pulau Jawa. 

Senior Sales Eksekutif Regional Jawa Bagian Tengah PT Pertamina Lubricants Hanif mengatakan Rumah Pertamina Siaga dan Lesehan Enduro itu bertujuan untuk memberikan layanan singgah bagi pemudik yang menggunakan motor selama arus mudik lebaran tahun ini. Rumah Pertamina Siaga dan Lesehan Enduro itu sudah dibuka sejak 26 April 2022 yang akan tetap beroperasi hingga 2 Mei 2022 mendatang. 

“Jadi Lesehan Enduro ini kegiatan rutin setiap mudik setelah dua tahun vakum di sini khususnya pemudik bisa beristirahat ada fasilitas macam-macam mulai pemeriksaan kesehatan, pijat, game hingga Wifi gratis,” kata Hanif saat ditemui Tim Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia di Rumah Pertamina Siaga dan Lesehan Enduro Masjid Al-Fairuz Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis (28/4/2022) malam. 

Adapun Rumah Pertamina Siaga x Lesehan Enduro itu tersebar di lima titik yang berbeda di MOR 3 yang berada di Masjid At Tuqo, Jalan Raya Pantura, Citeu Mundu, Masjid Uswatun Hasanah, Cihereng Nagrek, lalu MOR 4 yang terletak di Masjid AlFairuz Pekalongan dan SPBU 44.531.01 Ajibarang-BAnyumas dan MOR 5 yang terletak di SPBU Nganjuk Pertamina 54.614.27. 

“Di masjid ini banyak pemudik dengan mobil juga, fasilitas lain adalah ganti oli gratis untuk sepeda motor, bagi pemudik yang ingin ganti oli Pertamina bisa langsung ke sini langsung dapat gratis,” ujarnya.


Jumlah pengunjung yang singgah di Rumah Pertamina Siaga x Lesehan Enduro itu rata-rata 60 pemudik setiap harinya. Angka itu diprediksi dapat bergerak naik saat puncak arus lebaran nanti. 

“Kemarin lebih dari 60 pemudik yang memanfaatkan lesehan ini juga, prediksinya juga akan melonjak lagi karena antusiasme pemudik tinggi,” tuturnya. 

Tim Jelajah Lebaran Bisnis Indonesia melihat belasan pengunjung singgah di Rumah Pertamina Siaga x Lesehan Enduro. Sebagian pemudik memanfaatakan rumah singgah itu untuk mengganti oli gratis dari Pertamina. Sebagian lagi, pemudik menikmati takjil yang disiapkan Pertamina sembari singgah di lesehan tersebut. 

Sebelumnya, Jasamarga Transjawa Tollroad Regional Division (JTTRD) melihat adanya peningkatan yang signifikan pada mobilisasi pemudik yang tercermin dari meningkatnya volume lalu lintas meninggalkan Jabodetabek pada Gerbang Tol (GT) Cikampek Utama selama periode 22 hingga 27 April 2022. 

Volume lalu lintas pada GT Cikampek Utama tanggal 27 April 2022 sebesar 74.634 kendaraan yang mana secara kumulatif H-10 sampai dengan H-5 sebesar 287.814 kendaraan atau meningkat sebesar 47,1 persen dari lalu lintas normal. 

Sementara itu, 244.412 kendaraan meninggalkan Semarang melalui GT Kalikangkung dan GT Banyumanik atau turun 3,4 persen dari lalu lintas normal sebanyak  253.006 kendaraan. Di sisi lain, sebayak 256.540 kendaraan yang meninggalkan Surabaya melalui GT Warugunung dan GT Kejapanan Utama atau naik 18,3 persen dari lalu lintas normal sebanyak 216.850 kendaraan.

Guna memantau kelancaran dan kesiapan infrastruktur saat arus mudik, Bisnis Indonesia kembali menggelar Jelajah Lebaran 2022 setelah absen pada 2020 dan 2021. Jelajah Lebaran 2022 Bisnis Indonesia dilaksanakan pada Rabu (27/4/2022) hingga Rabu (4/5/2022) dengan perjalanan melalui dua rute. 

Pertama, untuk rute Jawa—Bali dilaksanakan dengan menyusuri jalan tol Trans-Jawa dan dilanjutkan menyisir jalur pantai utara (Pantura) menuju Banyuwangi dan dilanjutkan penyeberangan ke Bali. Kedua, untuk rute Sumatra  melalui jalan tol Trans-Sumatra dari Lampung hingga Dumai, Riau. (Nyoman Ary Wahyudi)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Yanita Petriella

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.