Pencadangan Himbara di Tengah Sorotan Utang Jumbo BUMN Karya

Bank-bank BUMN memiliki ketahanan permodalan yang cukup untuk meredam risiko utang kalangan BUMN Karya yang cukup besar.

Fahmi Ahmad Burhan

12 Jun 2023 - 16.27
A-
A+
Pencadangan Himbara di Tengah Sorotan Utang Jumbo BUMN Karya

Ilustrasi bank. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Utang besar sejumlah perusahaan BUMN Karya menjadi sorotan. Meski begitu, bank-bank berpelat merah atau Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) yang mempunyai portofolio utang paling besar di BUMN Karya telah menyiapkan strategi pencadangan yang kuat.

Menteri BUMN, Erick Thohir, telah mengatakan bahwa utang para BUMN Karya khusus kepada Himbara mencapai Rp70 triliun. Salah satu BUMN Karya, yakni PT Waskita Karya (Persero) Tbk. (WSKT) mempunyai utang ke Himbara mencapai Rp28,06 triliun.

Waskita memiliki perjanjian restrukturisasi induk dan sindikasi modal kerja di PT Bank Mandiri (Persero) Tbk. (BMRI) sebesar Rp4,55 triliun. 

Waskita juga memiliki perjanjian restrukturisasi induk atau master restructuring agreement (MRA) kepada PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk. (BBNI) sebesar Rp7,51 triliun, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. (BBRI) sebesar Rp2,64 triliun, dan PT Bank Syariah Indonesia Tbk. (BRIS) sebesar Rp2,03 triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.