Pencaplokan Raksasa Credit Suisse Bakal Jadi Sejarah Baru

Keruntuhan salah satu bank investasi terbesar dunia, Credit Suisse telah menambah rangkaian catatan kebangkrutan dunia keuangan global.

Nindya Aldila

7 Apr 2023 - 15.11
A-
A+
Pencaplokan Raksasa Credit Suisse Bakal Jadi Sejarah Baru

Bisnis, JAKARTA - Keruntuhan salah satu bank investasi terbesar dunia, Credit Suisse telah menambah rangkaian catatan kebangkrutan dunia keuangan global. Tak disangka, kejatuhannya dipicu oleh ketakutan yang tersebar melalui media sosial. Di saat yang sama, pencaplokan aset bank raksasa ini juga tak semudah membalikkan tangan.   

Kegagalan Credit Suisse Group AG disebut menjadi kasus langka. Pasalnya, bank yang berbasis di Swiss itu melihat penarikan deposito besar-besaran atau biasa disebut bank run hanya dalam beberapa pekan saja.

Chairman Credit Suisse Axel Lehmann menilai arus penarikan besar-besaran tersebut didorong oleh ketakutan yang cepat tersebar melalui media sosial.

"Media sosial dan digitalisasi mengipasi api ketakutan ini. Hal ini menghantam kami pada saat yang paling rentan di pertengahan Maret," jelasnya pada agenda rapat umum tahunan yang digelar Credit Suisse pada Selasa, (4/4/2023), dikutip Bisnis.com.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.