Pendapatan Tol Jasa Marga Sudah Lewati Kondisi Pra-pandemi

PT Jasa Marga (Persero) bersiap mendulang peningkatan kinerja pada tahun ini. Pada saat ini saja, pendapatan tol BUMN tersebut sudah melewati realisasi saat pra-pandemi.

M. Syahran W. Lubis

30 Apr 2022 - 17.51
A-
A+
Pendapatan Tol Jasa Marga Sudah Lewati Kondisi Pra-pandemi

Jalan tol Jagorawi di titik Cibubur, Jakarta Timur./Antara

Bisnis, JAKARTA – PT Jasa Marga (Persero) Tbk. memproyeksikan pertumbuhan kinerja keuangan pada kuartal I 2022 lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu (year-on-year/yoy), sejalan dengan kodisi saat ini pendapatan tolnya sudah melewati masa pra-pandemi

Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga Ade Wahyu mengemukakan bahwa pencapaian tersebut didorong oleh pemulihan traffic serta implementasi kebijakan pemerintah dalam merelaksasi perjalanan masyarakat.

Berdasarkan hal tersebut, dia menyebutkan kinerja Jasa Marga juga semakin baik dengan proyeksi peningkatan pendapatan tol pada kuartal I 2022 tumbuh di atas 15% yoy.

Dia mengemukakan untuk laba bruto kuartal I 2022 diproyeksikan tumbuh lebih dari 9% yoy dan laba berjalan juga diproyeksikan tumbuh sangat signifikan.

Ade menambahkan sepanjang 2021 hampir semua ruas jalan tol Jasa Marga Group mengalami peningkatan volume lalu lintas dibandingkan dengan tahun sebelumnya, kecuali untuk Jalan Tol Sedyatmo yang merupakan akses langsung ke Bandara Soekarno-Hatta.

Namun, dia melihat kuartal I tahun ini, peningkatan lalu lintas di Jalan Tol Sedyatmo mencapai 25% dibandingkan dengan tahun lalu.

“Ini sudah luar biasa. Dari segi lalu lintas, jalan tol Jasa Marga Group tahun lalu memang relatif belum tumbuh dibandingkan dengan lalu lintas sebelum pandemi. Namun, dari sisi pendapatan tol, sudah melebihi dari periode sebelum pandemi,” tambahnya.

Untuk itu, Ade optimistis dengan adanya peningkatan lalu lintas ke depannya, Jasa Marga memiliki peluang yang sangat tinggi untuk meningkatkan pendapatan tol tahun ini.

Dia berharap kinerja keuangan yang diproyeksikan tumbuh pada kuartal I tahun ini terus terefleksi pada kuartal II, bahkan hingga akhir tahun ini.

Ade juga berharap penanganan arus mudik dan balik Idulfitri 2022 berjalan lancar, pengaturan lalu lintas lebih baik lagi, sehingga masyarakat terus terdorong untuk melakukan perjalanan pada periode-periode libur berikutnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.