Penerbitan Obligasi Sektor Pembiayaan pada 2021 Masih Terbatas

Aksi penggalangan dana melalui instrumen obligasi dari sektor pembiayaan sepanjang 2021 masih terbatas. Simak penjelasannya.

Aziz Rahardyan & Stefanus Arief Setiaji

29 Nov 2021 - 13.24
A-
A+
Penerbitan Obligasi Sektor Pembiayaan pada 2021 Masih Terbatas

Aksi penggalangan dana melalui instrumen obligasi dari sektor pembiayaan sepanjang 2021 masih terbatas. (Bisnis/Adi)

Bisnis, JAKARTA — Perusahaan pembiayaan atau multifinance belum memprioritaskan penggalangan dana melalui penerbitan obligasi pada 2021. Namun, peluang tersebut cukup terbuka pada tahun depan sebagai salah satu strategi diversifikasi sumber dana.

Analis Divisi Pemeringkatan Jasa Keuangan PT Pemeringkat Efek Indonesia (Perfindo), Danan Dito mengatakan bahwa pendanaan lewat pasar modal oleh perusahaan pembiayaan yang mencakup multifinance, lembaga keuangan khusus, dan lembaga pembiayaan lainnya terbilang moderat.

Selain situasi ekonomi yang masih terbatas akibat pandemi Covid-19, fasilitas pendanaan dari perbankan sedang melimpah sekaligus memiliki biaya dana atau cost of fund murah.

"Pertimbangan ini membuat para penerbit itu terbagi. Sebagian memilih tetap diversifikasi [pendanaan] lewat pasar modal, tetapi ada yang memilih menunda dulu dan fokus dari bank loan," ujarnya ketika dikonfirmasi Bisnis, Jumat (26/11/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Duwi Setiya Ariyant*
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.