Penetrasi Adopsi Transaksi Digital QRIS Makin Dalam

Adoptsi teknologi digital masyarakat dalam transaksi keuangan terlihat sudah makin dalam, terbukti dari peningkatan aktivitas transaksi menggunakan QRIS yang bahkan sudah melampaui target Bank Indonesia.

Dionisio Damara & Stefanus Arief Setiaji

30 Nov 2021 - 14.27
A-
A+
Penetrasi Adopsi Transaksi Digital QRIS Makin Dalam

Seorang warga menggunakan pembayaran nontunai Quick Response Indonesia Standard (QRIS) saat membeli kopi di warung kopi Jalik Rumbuk di Mataram, NTB, Selasa (12/1/2021)./ANTARA FOTO-Ahmad Subaidi

Bisnis, JAKARTA — Pemanfaatan transaksi menggunakan model Quick Response Code Indonesian Standard atau QRIS melampaui target yang dipatok oleh Bank Indonesia. Hingga November 2021, jumlah merchant yang menggunakan layanan itu mencapai 12,7 juta.

Direktur Departemen Kebijakan Sistem Pembayaran Bank Indonesia Retno Ponco Windarti mengatakan bahwa pandemi Covid-19 turut mempercepat penerimaan atau akseptasi masyarakat dalam memanfaatkan pola-pola transaksi secara digital.

“Kami tentu saja sangat mengapresiasi seluruh pihak yang terlibat dan berkolaborasi dalam mendorong pencapaian merchant QRIS,” katanya dalam satu sesi diskusi virtual yang berlangsung pada Senin (29/11).

Dia menuturkan mitra pengguna atau merchant QRIS yang mencapai 12,7 juta melampaui target Bank Indonesia yang awalnya mematok pengguna layanan itu sebanyak 12 juta sampai pengujung 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.