PENGELOLAAN PERTAMBANGAN: Gelombang Pasang Izin Tambang

Keputusan pemerintah memberi prioritas kepada badan usaha yang terafiliasi dengan organisasi kemasyarakatan keagamaan untuk mengelola wilayah izin usaha pertambangan khusus, menuai pro dan kontra di publik, termasuk di lingkup ormas keagamaan.

Stefanus Arief Setiaji

10 Jun 2024 - 12.16
A-
A+
PENGELOLAAN PERTAMBANGAN: Gelombang Pasang Izin Tambang

Bisnis, JAKARTA - Keputusan pemerintah memberi prioritas kepada badan usaha yang terafiliasi dengan organisasi kemasyarakatan keagamaan untuk mengelola wilayah izin usaha pertambangan khusus, menuai pro dan kontra di publik, termasuk di lingkup ormas keagamaan.

Kelompok yang mendukung berargumen keputusan itu merupakan cara negara memberi kesempatan kepada masyarakat secara luas dalam mengelola kekayaan alam milik bumi pertiwi. Sementara itu, mereka yang mengecam berdalih cara itu hanya akan memunculkan pemain baru di bisnis tambang yang sarat dengan konflik kepentingan.

Regulasi bisnis pertambangan yang ketat dan padat modal, berpotensi membuat pengelolaan wilayah pertambangan tak ubahnya praktik yang lazim terjadi selama ini yakni jual beli izin. Tak memperbaiki tata kelola yang terbukti merugikan hak publik dan negara.

Sikap tegas negara dengan menjamin izin yang diberikan kepada badan usaha ormas keagamaan tak bisa dipindahtangankan mesti konsisten supaya keinginan besar menyejahterakan rakyat terwujud, tidak hanya untuk kelompok dan golongan tertentu semata.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.