Penerapan B35 Bayangi Penurunan Ekspor CPO 2023

Kendati pengembangan bahan bakar hijau makin besar, ekspor minyak sawit mentah (crude palm oil/CPO) berpotensi merosot pada 2023. Sebab, peningkatan penggunaan minyak sawit di dalam negeri, akan berbuntut pada berkurangnya jatah untuk ekspor.

Rayful Mudassir

31 Jan 2023 - 18.58
A-
A+
Penerapan B35 Bayangi Penurunan Ekspor CPO 2023

Bisnis, JAKARTA - Upaya pemerintah memperbesar produksi biodiesel berlanjut dengan dimulainya program mandatori B35. Namun, strategi ini digadang-gadang bakal menyebabkan ekspor komoditas unggulan itu menyusut pada 2023.

Pengembangan bahan bakar nabati (BBN) B35 menjadi rencana pemerintah menjaga serapan di dalam negeri, sekaligus stabilitas harga untuk pasar ekspor. Program ini akan berlaku mulai 1 Februari 2023. 

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) membidik peningkatan produksi program ini sebesar 19 persen menjadi 13,15 juta kiloliter pada 2023 dibandingkan tahun sebelumnya. Lembaga itu mengalokasikan dana sekitar Rp31 triliun untuk mendukung pengembangan tersebut.

BACA JUGA: Menghitung Dampak Pembatasan Kuota Ekspor CPO 2023

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rayful Mudassir
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.