Pengembangan Pertanian Harus Terintegrasi dengan Industri Hilir

Ekonom menyarankan agar pengembangan sektor npertandian di Indonesia berjalan terintegrasi dengan industri hilir.

Redaksi

7 Jan 2022 - 23.29
A-
A+
Pengembangan Pertanian Harus Terintegrasi dengan Industri Hilir

Ilustrasi petani membajak sawah./Antara

Bisnis, JAKARTA – Pertanian Indonesia harus terintegrasi dengan industri hilir bila ingin mendapatkan keuntungan lebih dalam kondisi permintaan pangan yang meningkat pada masa pandemi Covid-19 menurut ekonom Bhima Yudhistira

"Satu sisi peluangnya adalah sektor pertanian menjadi sektor paling diuntungkan kalau terintegrasi industri hilir," kata Bhima dalam webinar bertajuk "Masihkah Pandemi Akan Mengganggu Pertumbuhan Ekonomi 2022" pada Jumat (07/01/2022) sebagaimana ditulis Antara.

Dia menerangkan bahwa harga berbagai komoditas pangan maupun energi melonjak semasa pandemi karena pada tahun pertama pandemi yaitu 2020 produksi dan pasokan berbagai komoditas sangat rendah.

Akan tetapi, jika pertanian tidak terintegrasi dengan industri hilir, kata Bhima, petani tidak mendapatkan keuntungan atau bahkan merugi, karena terdampak kenaikan harga pupuk yang disebabkan oleh kenaikan harga gas atau batu bara sebagai sumber bahan bakar untuk produksi.

"Problemnya kalau dia hanya pertanian di hulu, akan kena harga pupuk lebih mahal, harga bibt lebih mahal. Maka dia tidak menikmati kenaikan harga seperti yang dirasakan pedagang. Tapi, kalau terintegrasi sampai ke hilir, kenaikan ini mengindikasikan bahwa secara global terjadi permintaan pangan yang meningkat," katanya.

Bhima menjelaskan bahwa inflasi komoditas pangan menjadi tantangan ekonomi Indonesia di tahun 2022 dan perlu diintervensi pemerintah untuk menekannya. Tingginya harga komoditas pangan seperti cabai, minyak goreng, dan telur berdampak pada UMKM makanan dan minuman hingga masyarakat secara umum.

Meski demikian, Bhima juga menerangkan peluang di sektor usaha makanan dan minuman di mana layanan pesan antar mengalami peningkatan selama pandemi. "Untuk industri makanan dan minuman memang potensinya bagus. Untuk pesan antar makanan dan minuman tahun 2021 tumbuhnya lebih dari 24 persen. Jadi, restoran yang sudah gabung dengan Gojek, Grab, ShopeeFood mengalami kenaikan permintaan," paparnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: M. Syahran W. Lubis

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.