Pengertian Pasar Monopoli Serta Dampak Positif dan Negatifnya

Monopoli adalah penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau atas penggunaan jasa tertentu oleh satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha.

Redaksi

22 Feb 2024 - 13.32
A-
A+
Pengertian Pasar Monopoli Serta Dampak Positif dan Negatifnya

Ilustrasi monopoli. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Istilah monopoli lekat dengan dunia bisnis, di mana suatu barang atau produk hanya dikuasai oleh produsen tunggal.

Pasar monopoli merupakan salah satu pasar persaingan tidak sempurna. Karakteristik dari pasar monopoli adalah keberadaan produsen tunggal  yang mengendalikan harga produk.

Menurut UU Nomor 5 Tahun 1999 tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Tidak Sehat, definisi monopoli adalah penguasaan atas produksi dan atau pemasaran barang dan atau atas penggunaan jasa tertentu oleh satu pelaku usaha atau satu kelompok pelaku usaha.

Menurut The Economic Times, dalam pasar monopoli faktor seperti perizinan pemerintah, kepemilikan sumber daya, hak cipta dan paten, hingga biaya awal yang tinggi membuat suatu entitas menjadi penjual tunggal suatu barang.

Baca Juga:

Bank Sentral di Asia Tenggara Masih Bergeming Pangkas Suku Bunga

Ruang Sempit Suku Bunga

Jepang Resesi Untungkan Indonesia?

Menguji Peruntungan Saham CUAN: Keluar dari MSCI, Masuk FTSE

Arah Investasi Bila Jokowinomic Berlanjut 5 Tahun Lagi

 

Kelebihan Pasar Monopoli

Berbicara tentang pasar monopoli hal yang melekat tidak selalu buruk. Terdapat beberapa dampak positif dari pasar monopoli:

  • Perusahaan monopoli harus menumbuhkan efisiensi untuk menekan kompetitor.
  • Perusahaan monopoli selalu berusaha melakukan pengembangan produk berdasarkan reaserch untuk mengembangkan produknya secara luas dengan beragam jenis serta mutu guna mendapatkan laba tinggi.
  • Pasar persaingan monopoli dapat menghasilkan inovasi baru yang melindungi undang-undang hak cipta dan hak paten, dari berbagai perlombaan penemuan baru.

 

Kekurangan Pasar Monopoli

  • Monopoli berkuasa dalam penentuan jumlah produksi yang berpengaruh terhadap ketersediaan produk untuk konsumen.
  • Menumbuhkan ketergantungan konsumen, karena tidak dapat membeli kepada perusahaan lain, meskipun merasa dirugikan.
  • Persaingan ini akan menumbuhkan eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi.
  • Monopoli akan bebas menguasai pendapatan yang tidak merata, karena keuntungan hanya pada monopoli dalam waktu jangka panjang.

Monopoli di pasar Indonesia telah ada sejak pemerintah kolonial VOC mengatur penguasaan komoditas pada masa itu. Sistem monopoli di Indonesia juga telah diatur dalam undang-undang agar dipatuhi pelaku usaha.

Pasar monopoli tidak selalu buruk, selama diimbangi dengan regulasi dan disesuaikan dengan kebutuhan hajat hidup orang banyak. Jika terindikasi melakukan monopoli, tentunya akan melanggar undang-undang dan perusahaan pun terancam mendapat saingan baru.


(Reporter: Muhammad Fauzan)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.