Penghiliran Aluminium Kurang Banyak

Indonesia banyak memenuhi kebutuhan alumniumnya dengan mengimpor, mulai dari aluminium tidak ditempa, pelat dan lembaran, foil, struktur dan bagiannya, kawat, tabung dan pipa, alat dapur, limbah dan skrap, hingga bubuk dan serpih.

Afiffah Rahmah Nurdifa & Fatkhul Maskur

24 Mar 2024 - 16.07
A-
A+
Penghiliran Aluminium Kurang Banyak

Bisnis, JAKARTA—Pemerintah Indonesia berambisi menggandakan kapasitas produksi aluminium menjadi 2 juta ton pada 2025 untuk memenuhi kebutuhan yang meningkat seiring dengan era energi terbarukan.

Berdasarkan data Kemenperin, saat ini terdapat dua industri smelter aluminium di Indonesia dengan kapasitas input 1 juta ton. Adapun Kemenperin menargetkan 1,5 juta-2 juta ton produksi aluminium pada 2025.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi, dan Elektronika (Ilmate) Kemenperin Taufiek Bawazier mengatakan potensi nilai tambah yang dihasilkan dari proses bauksit ke alumina hingga aluminium sangat tinggi sehingga investasi perlu digenjot.

“Kita setahun hampir 1 juta ton produksi aluminium itu yang kita butuhkan. Jadi kita tentunya harus memperkuat semacam Inalum itu 3-4 kali lipat lagi kapasitasnya,” kata Taufiek dalam RDP di Komisi VII, Selasa (19/3/2024).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Penghiliran Aluminium Kurang Banyak

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.