Peningkatan Bongkar Muat di Batam Sudah Capai Level Pra-Pandemi

Aktivitas pelabuhan di Kota Batam mengalami peningkatan pada semester I/2023 menuju level pra-pandemi, baik dari sisi aktivitas bongkar maupun muat.

Rahmad Fauzan

25 Okt 2023 - 15.26
A-
A+
Peningkatan Bongkar Muat di Batam Sudah Capai Level Pra-Pandemi

Dermaga 1 menjadi salah satu dermaga di pelabuhan SCN Kabil yang diperuntukan untuk kapal berukuran kecil yang biasanya membawa komoditas komponen untuk industri elektronik. Dermaga ini memiliki panjang 130 meter dan mampu menampung kapal berukuran hingga 2.000 DWT. (Bisinis/Adam)

Bisnis, BATAM – Aktivitas pelabuhan di Kota Batam mengalami peningkatan pada semester I/2023 menuju level pra-pandemi, baik dari sisi aktivitas bongkar maupun muat.

Berdasarkan data Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam, total volume bongkar semester I/2023 tembus 3,8 juta ton. Naik 7,7% secara tahunan (year-on-year/YoY).

Sementara dari sisi muat, KSOP Batam mencatat total volume sebanyak 3,71 juta ton. Jumlah tersebut naik sebesar 30,58% secara tahunan.

Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam M. Takwim Masuku mengatakan tren aktivitas bongkar-muat semester I/2023 sudah menuju kondisi normal pada 2019 sebelum pandemi Covid-19 melanda.

“Pada tahun ini, sudah mulai mengarah seperti 2019, artinya sudah menuju normal. Bahkan, sudah ada permintaan untuk penambahan kapal-kapal ro-ro yang masuk,” kata Takwim kepada Tim Jelajah Pelabuhan 2023 Bisnis Indonesia di kantornya, di Batam, Selasa (24/10/2023).

Dia menambahkan solidnya kinerja pelabuhan di Kota Batam tidak terlepas dari masih cukup masifnya kegiatan kapal niaga dan kargo yang dikatakan justru mengalami peningkatan di tengah pandemi pada 2021.

Kendati demikian, bukan berarti kepelabuhanan di Kota Teh Obeng tersebut tidak mempunyai masalah yang mesti dibenahi.

Rumitnya perizinan masih menjadi masalah di pelabuhan di Kota Batam. Ditambah dengan beberapa masalah klasik lain, daya saing pelabuhan di Batam pun kian terhambat, dan cukup disayangkan lantaran harus tetap berkompetisi dengan Singapura. 

Terkait dengan hal itu, Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Khusus Batam M. Takwim Masuku mengakui diperlukan adanya penyederhanaan aturan terkait dengan perizinan agar pelabuhan di Kota Batam mampu bersaing dengan Singapura. 

"Terlalu banyak saya lihat masalahnya. Termasuk, beberapa persyaratan perizinan perpanjangan terkait dengan terminal khusus [tersus]. Mungkin perlu ada penyederhanaan perizinan agar kita kompetitif," ujarnya. 

Berdasarkan aturan yang berlaku, sambungnya, seluruh urusan perizinan kepelabuhanan diserahkan kepada BP Batam sejak 2021. Aturan yang dimaksud adalah PP No. 41/2021 tentang Penyelenggaraan Kawasan Perdagangan Bebas dan Pelabuhan Bebas. 

Menurut Takwim, diperlukan regulasi yang mengatur lebih lanjut terkait dengan pelaksanaan perizinan tersebut. Dia mengatakan beleid lanjutan bertujuan memberikan kejelasan kepada pelaku usaha yang berencana menjalankan kegiatan usaha di pelabuhan di Batam. 

Kemudian, masih terdapat penetapan yang tidak diperuntukkan untuk kegiatan sesuai dengan permintaan pelaku usaha. Akibatnya, kata Takwim, pengusaha terkait tidak dapat melakukan kegiatan usahanya di wilayah Kota Batam.

"Ditambah lagi, kami di KSOP melihat dari pelimpahan PP No. 41/2021 itu masih ada aspek keselamatan dan pelayaran yang harus diperjelas," ujarnya. 

Selain pembenahan dari sisi regulasi, dia menilai diperlukan pula sinergi lintas instansi demi memastikan penanganan di sektor laut terkoordinasi dengan baik dan tidak menimbulkan permasalahan yang berlarut-larut antar instansi. 

"Masalah ini perlu kami kaji lagi sehingga ruang itu bisa dibuka untuk kebutuhan yang ada. Sebab, kita kan mau berkompetisi dengan Singapura. Tapi kita sendiri masih perlu memperbaiki koordinasi di dalam, baik itu BP Batam, KSOP, dan instansi lain," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.