Penjajakan BYD-Brazil Kuatkan Ekspansi Mobil Listrik

Ketua BYD Brasil Alexandre Baldy sempat mengadakan pertemuan dengan Kepala Eksekutif Sigma Ana Cabral Gardner di Sao Paulo. Meski demikian, tidak ada rincian terkait dengan agenda tersebut.

Nuhansa Mikrefin Yoedo Putra

16 Jan 2024 - 16.41
A-
A+
Penjajakan BYD-Brazil Kuatkan Ekspansi Mobil Listrik

Mobil Listrik BYD. /Dok. Perseroan

Bisnis, JAKARTA — BYD tengah berdiskusi dengan pemain baterai asal Brasil, yakni Sigma Lithium terkait kerja sama antara kedua belah pihak. BYD kini berstatus sebagai produsen terbesar mobil listrik di dunia, mengalahkan Tesla.

Melansir bisnis.com yang mengutip Reuters pada Senin (15/1/2024), produsen mobil listrik asal China ini telah mengadakan pembicaraan terkait potensi perjanjian pasokan, pembentukan usaha patungan, hingga akuisisi.

Baca juga: Sederet Insentif Sambut Mobil Listrik Vinfast

Pada Desember 2023, Ketua BYD Brasil Alexandre Baldy sempat mengadakan pertemuan dengan Kepala Eksekutif Sigma Ana Cabral Gardner di Sao Paulo. Meski demikian, tidak ada rincian terkait dengan agenda tersebut.

Sigma Brazil telah memulai tahapan untuk tercatat sebagai perusahaan terbuka di bursa Nasdaq, Amerika Serikat, dan juga bursa Singapura.

 

 

 

Sementara itu, BYD yang didukung oleh  Berkshire Hathaway milik Warren Buffet menyebut siap untuk menggelontorkan dana senilai US$600 juta di kompleks industri baru di timur laut Brasil. Operasional fasilitas ini diperkirakan akan dimulai pada pertengahan 2024.

BYD sebelumnya juga telah mengajukan proposal senilai US$1 miliar untuk membangun pabrik baterai dan mobil listrik di India.

Baca juga: BYD Amankan Pasokan Litium, Teken Kerja Sama dengan Brasil

Melalui investasi tersebut, BYD menggandeng Megha Engineering and Infrastructures yang berbasis di Hyderabad untuk membentuk sebuah perusahaan patungan mobil listrik.

Selain India, BYD juga berencana menanamkan modal untuk pabrik baterai di Korea Selatan dengan menggandeng KG Mobility Co Ltd.. yang rencananya akan berbentuk sebuah perusahaan patungan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.