Penjualan Eceran Diproyeksi Melambat, Harga BBM Menambah Parah

Kinerja penjualan eceran pada Agustus 2022 diprediksi lebih lambat dibandingkan Juli 2022. Indeks Penjualan Riil diprediksi tumbuh 5,4 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) atau lebih kecil dibandingkan Indeks Penjualan Riil Juli 2022 yang mencapai 6,2 persen yoy.

Saeno
Sep 9, 2022 - 2:24 PM
A-
A+
Penjualan Eceran Diproyeksi Melambat, Harga BBM  Menambah Parah

Kenaikan harga BBM diperkirakan baru berdampak pada kenaikan harga ritel dalam satu dua bulan mendatang./Bisnis-Himawan LN

Bisnis, JAKARTA – Meski belum terdampak kenaikan harga BBM, penjualan eceran diproyeksi bergerak lebih lambat dari bulan sebelumnya. Kenaikan harga BBM dan potensi inflasi bisa menambah lambat laju pernjualan eceran. Kinerja penjualan eceran pada Agustus 2022 diprediksi lebih lambat dibandingkan Juli 2022. Indeks Penjualan Riil diprediksi tumbuh 5,4 persen secara tahunan (year-on-year/yoy) atau lebih kecil dibandingkan Indeks Penjualan Riil Juli 2022 yang mencapai 6,2 persen yoy. 

Secara bulanan, kinerja penjualan eceran pada Agustus 2022 diperkirakan tumbuh positif sebesar 1,3 persen (month-to-month/mtm), setelah mengalami kontraksi selama 3 bulan berturut-turut. 

“Peningkatan penjualan eceran terjadi pada kelompok makanan, minuman, dan tembakau sebesar 7,6 persen yoy,” tulis Bank Indonesia (BI) dalam Laporan Survei Penjualan Eceran, Jumat (9/9/2022). 

Penjualan kelompok makanan, minuman, dan tembakau diperkirakan mencapai 2,4 persen mtm, serta terjadi perbaikan kelompok suku cadang dan aksesori yang  masih tercatat terkontraksi -0,6 persen mtm. 

Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Penjualan Eceran Diproyeksi Melambat, Harga BBM Menambah Parah

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ