Penonton WSBK Mandalika Disuguhi Motor Listrik Pindad MotoEV

Pindad memperkenalkan prototipe motor listrik terbarunya, MotoEV pada ajang lomba balap motor internasional, World Superbike (WSBK), 19 - 21 November, di Pertamina Mandalika International Street Circuit. 

Fatkhul Maskur
Nov 22, 2021 - 6:41 AM
A-
A+
Penonton WSBK Mandalika Disuguhi Motor Listrik Pindad MotoEV

MotoEV, motor listrik karya Pindad ditampilkan pada ajang lomba balap motor internasional World Super Bike 2021 di Mandalika. - Foto2 Pindad

Bisnis, JAKARTA - PT Pindad (Persero) memperkenalkan prototipe motor listrik terbarunya, MotoEV pada ajang lomba balap motor internasional, World Superbike (WSBK) pada 19 - 21 November di Pertamina Mandalika International Street Circuit. 

Direktur Strategi Bisnis PT Pindad (Persero), Syaifuddin menyampaikan bahwa motor listrik ini akan menjadi salah satu produk unggulan perusahaan untuk menjawab kebutuhan kendaraan listrik dan mendukung program pemerintah.

"Pindad saat ini telah menyelesaikan salah satu dari inovasi pengembangan produknya yakni motor listrik yang diharapkan akan menjadi jawaban atas kebutuhan kendaraan listrik di masa depan," ujarnya seperti dikutip dalam siaran pers Pindad, Senin (22/11/2021).

Inovasi MotoEV sesuai dengan misi pemerintah untuk menghadirkan kendaraan listrik yang ramah lingkungan. Ia mengatakan kendaraan listrik akan ini akan menjadi salah satu produk unggulan Pindad.

Ia juga mendorong adanya kolaborasi dalam pengembangan kendaraan listrik di antara produsen kendaraan listrik di dalam negeri. "Sudah saatnya kompetisi bergeser menjadi kolaborasi. Kalau kompetisi muncul biaya yang besar, sedangkan kolaborasi hasilnya efisiensi."

Pindad mencoba mengembangkan produk ini untuk multipurpose sehingga bisa digunakan di segala medan secara maksimal baik di bidang pertahanan, industrial ataupun bidang-bidang lainnya yang membutuhkan mobilisasi yang cepat dengan efisiensi energi yang ramah lingkungan.

MotoEV merupakan motor listrik karya Pindad yang sengaja didesain dan diselesaikan untuk ditampilkan di ajang lomba balap motor internasional, World Super Bike 2021 di Mandalika. 

Motor listrik ini ke depannya diharapkan menjadi produk yang akan dipasarkan baik di pasar lokal maupun pasar global. Hal ini sesuai dengan rencana jangka panjang Pindad untuk menjadi salah satu dari 100 besar perusahaan pertahanan global 2024.

Keunggulan utama produk motor listrik ini adalah murni buatan Pindad hasil dari inovasi dan pengembangan dari anak bangsa dan memiliki TKDN yang tinggi. 

MotoEV adalah motor listrik dengan kekuatan 5 kW, menggunakan baterai lithium dengan waktu charging sekitar 3-4 jam, dapat menempuh jarak tempuh hingga 100 km dalam satu kali pengisian baterai dan memiliki kecepatan maksimal hingga 120 km/jam. 

Keunggulan ini disamping lebih efisien dan ramah lingkungan juga akan memberikan penghematan yang cukup besar dari sisi penggunaan bahan bakar.

Selama 3 hari ke depan, masyarakat umum bisa melihat produk ini di ajang balap motor internasional World Super Bike (WSBK). Pindad juga berencana mencoba produk ini mengaspal di sirkuit Mandalika untuk melihat performansinya, menguji tingkat kestabilan, ketahanan dan daya tahan dari motor listrik buatan Pindad setelah gelaran WSBK selesai dilaksanakan.

PT Pindad adalah perseroan terbatas milik negara yang dibentuk pada 1983. Pindad aktif memproduksi berbagai alutsista untuk kebutuhan TNI, Polri dan telah mengekspor sejumlah produk unggulannya seperti amunisi, senjata dan kendaraan tempur ke pasar global. 

Selain menghasilkan alutsista, Pindad juga memiliki Direktorat Industrial yang menghasilkan alat berat seperti ekskavator, traktor, crane kapal laut serta pengait rel kereta api, motor traksi hingga generator.

 

Editor: Fatkhul Maskur

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar