Pentingnya Intangible Asset

Krisis ekonomi 1998 dan 2008 dapat menjadi pelajaran berharga bagi Indonesia bagaimana sektor UMKM sebagai penyelamat perekonomian nasional, sehingga dapat keluar dan terhindar dari krisis tersebut.

Moko Nugroho

13 Des 2022 - 04.30
A-
A+
Pentingnya Intangible Asset

Pekerja menyelesaikan pembuatan tahu di salah satu rumah produksi, Bogor, Jawa Barat, Senin (5/9/2022). Bisnis/Himawan L Nugraha

Pandangan dan prediksi para pengamat dan pejabat publik akan kondisi kegelapan yang mewarnai tahun depan, baik global maupun nasional, mulai krisis ekonomi, pangan, energi, hingga kesehatan yang belum berakhir. 

Riak-riak indikasi tersebut juga terlihat di akhir tahun ini, PHK yang mencapai ribuan karyawan telah menimpa beberapa perusahaan, relokasi perusahaan untuk efisiensi biaya produksi, dan pandemi Covid-19 yang belum sepenuhnya mereda. 

Kondisi ini menjadi warning bagi para stakeholder bagaimana mempersiapkan diri memasuki 2023.

Hal tersebut bukanlah yang pertama bagi Indonesia menghadapi kondisi ini. Krisis ekonomi 1998 dan 2008 dapat menjadi pelajaran berharga bagi Indonesia bagaimana sektor UMKM sebagai penyelamat perekonomian nasional, sehingga dapat keluar dan terhindar dari krisis tersebut. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.