Pentingnya Legalitas Bagi UMKM, Berikut Manfaatnya

UMKM adalah penopang ekonomi Indonesia. Berikut adalah manfaat legalitas UMKM dikutip dari smesta.kemenkopukm.go.id

Jaffry Prabu Prakoso

28 Feb 2023 - 11.26
A-
A+
Pentingnya Legalitas Bagi UMKM, Berikut Manfaatnya

Pelaku UMKM tengah menyelesaikan pesanan sepatu. /Bisnis-Rahman

Bisnis, JAKARTA – Pemerintah terus berupaya untuk membuat pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) melebarkan sayap. Maklum, sektor tersebut adalah penopang ekonomi Indonesia.

Agar bisa mencapainya, diperlukan legalitas UMKM. Akan tetapi masih banyak pelaku usaha yang masih belum memilikinya. Berikut adalah manfaat legalitas UMKM dikutip dari smesta.kemenkopukm.go.id

 

1. Dilindungi Hukum

Manfaat pertama yaitu bisnis Anda akan dilindungi secara hukum. Jadi, jika ke depannya bisnis yang dijalani terjadi masalah, Anda bisa mengajukan tututan secara resmi. 

Izin usaha dapat membuat pelaku UMKM merasa aman menjalankan bisnis tanpa khawatir bisnis Anda akan dianggap ilegal dan dilakukan penutupan oleh pemerintah. Pastikan mengurus dan memiliki dokumen legalitas usaha sesuai dengan perundang-undangan.

 

2. Bukti Kepatuhan Kepada Hukum

Salah satu kewajiban sebagai warga negara adalah mematuhi hukum. Sebagai pengusaha, memiliki dokumen legalitas usaha itu berarti menandakan bahwa Anda telah mematuhi aturan hukum yang berlaku. Anda juga secara tidak langsung menerapkan disiplin kepada diri sendiri.

 

3. Melindungi Aset Pribadi

Dalam menjalani bisnis tentu tidak selamanya akan berjalan lancar. Jika bisnis yang digeluti mengalami kebangkrutan, Anda sebagai pemilik bisnis tentu berharap hal ini tidak membawa dampak besar bagi kehidupan sehari-hari. 

Tentu saja hal itu memungkinkan jika Anda memiliki badan usaha yang berbadan hukum seperti perseroan terbatas (PT) yang dapat melindungi aset pribadi karena di dalamnya terdapat pemisahan aset, antara aset PT dengan aset pribadi.

Berbeda jika badan usaha berbentuk persekutuan komanditer (CV) atau Firma yang tidak berbadan hukum. Kerugian bisnis akan berdampak pada aset pribadi karena di dalamnya tidak ada pemisahan aset.

Baca juga: Menggegas Penerapan Bunga Kredit Mikro Nol Persen 

4. Administrasi dan Pajak

Manfaat yang selanjutnya yaitu bisnis Anda bisa tetap beroperasi tanpa khawatir akan ditutup secara paksa.  Legalitas usaha juga dapat membantu bisnis dalam urusan pajak. Bahkan, bisa menjauhkan bisnis dari masalah hukum dan keuangan.

 

5. Memudahkan Mengembangkan Bisnis

Memiliki dokumen legalitas usaha akan memudahkan untuk mendapatkan pinjaman modal usaha. Untuk mendapatkan dana tersebut, bisnis Anda harus memiliki lisensi resmi yang menunjukkan bahwa bisnis legal dan aman untuk menerima pinjaman modal usaha. 

Pinjaman modal usaha ini dapat digunakan untuk memajukan serta mengembangkan bisnis. Ketika bisnis Anda tidak memiliki dokumen legalitas usaha, maka tidak akan ada pihak manapun yang berani memberikan dana karena tidak adanya jaminan keamanan secara hukum.

Baca juga: Tiga Usulan Paling Krusial dari Rencana Revisi UU Koperasi 

6. Mudah Melakukan Ekspor

Dokumen legalitas usaha dapat membawa barang atau jasa yang Anda tawarkan bisa sampai ke pasar luar negeri. Dengan dokumen usaha yang lengkap dan tepat, Anda akan memiliki hak terbatas untuk memproduksi dan menjual barang atau jasa ke luar negeri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.