Penyaluran Pinjaman Produktif AdaKami Capai 40%

AdaKami mengalami pergeseran kebutuhan dan karakteristik peminjam pada saat pandemi Covid-19 dari sebelumnya didominasi oleh pinjaman konsumtif.

Rika Anggraeni

23 Okt 2023 - 18.27
A-
A+
Penyaluran Pinjaman Produktif AdaKami Capai 40%

Ilustrasi penggunaan financial technology peer-to-peer (fintech P2P) lending PT Pembiayaan Digital Indonesia atau AdaKami. /Bisnis

Bisnis, JAKARTA — Platform financial technology peer-to-peer (fintech P2P) lending PT Pembiayaan Digital Indonesia atau AdaKami mencatat sebanyak 40 persen pengguna menggunakan pinjaman dana untuk memenuhi kebutuhan produktif.

Brand Manager AdaKami Jonathan Kriss menyampaikan perusahaan mengalami pergeseran kebutuhan dan karakteristik peminjam pada saat pandemi Covid-19 dari sebelumnya didominasi oleh pinjaman konsumtif.

Baca juga: Nasabah Mikro PIP Rata-rata Pinjam Rp2,5 Juta-Rp5 Juta, Mau?

Jonathan menuturkan bahwa saat ini 40 persen lebih pengguna AdaKami menggunakan pinjaman untuk modal usaha.

“Sekitar 40 persen mereka gunakan untuk modal usaha. Apalagi saat Corona banyak yang mulai cathering rumahan, bisnis-bisnis rumahan. Itu biasanya karakteristik pengguna AdaKami seperti itu,” kata Jonathan saat ditemui Bisnis di Jakarta, Sabtu (21/10/2023).




Jonathan menyampaikan bahwa AdaKami menyediakan pinjaman multiguna kepada peminjam. Dalam hal ini, AdaKami tidak membatasi jenis atau segmen pembiayaan yang akan digunakan pengguna.

“Tapi memang sebenarnya kebutuhan utama atau tujuan utamanya untuk kebutuhan konsumtif. Tapi tidak sedikit juga user AdaKami yang menggunakan itu untuk kebutuhan produktif,” ujarnya.

Baca juga: Utak-Atik Industri Leasing Hadapi Era Suku Bunga Level 6%

Hingga saat ini, AdaKami mencatat dominasi utama peminjam berasal dari kalangan usia produktif di rentang 21—50 tahun. AdaKami memproyeksi usia peminjam masih akan bertahan hingga akhir tahun.

“Sejauh ini belum ada perubahan dari demografi pengguna. Jadi masih sama dari beberapa tahun yang lalu,” pungkasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.