Penyebab BPJS Kesehatan Terancam Defisit Pada 2024

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melihat adanya potensi defisit pada 2024. Situasi tersebut terjadi lantaran adanya kemungkinan biaya manfaat atau biaya yang harus dibayarkan oleh BPJS Kesehatan meningkat dan bersilangan dengan iuran perkapita.

Asteria Desi Kartikasari

31 Jan 2023 - 19.08
A-
A+
Penyebab BPJS Kesehatan Terancam Defisit Pada 2024

Karyawan di salah satu berada kantor cabang Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan di Jakarta, Selasa (12/7/2022). Bisnis/Fanny Kusumawardhani

Bisnis, JAKARTA— Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan melihat adanya potensi defisit pada 2024. Situasi tersebut terjadi lantaran adanya kemungkinan biaya manfaat atau biaya yang harus dibayarkan oleh BPJS Kesehatan meningkat dan bersilangan dengan iuran perkapita.

Defisit dana Dana Jaminan Sosial Kesehatan atau yang dikenal dengan defisit BPJS Kesehatan merupakan mismatch antara belum optimalnya pendapatan yang bersumber dari iuran peserta dan besarnya beban jaminan kesehatan yang perlu ditanggung. Kondisi tersebut pernah ditanggung oleh BPJS Kesehatan pada 2019 lantaran kenaikan biaya manfaat.

Direktur Perencanaan, Pengembangan, dan Manajemen Risiko BPJS Kesehatan Mahlil Ruby menjelaskan biaya manfaat atau biaya yang dibayarkan untuk fasilitas kesehatan rata-rata lebih tinggi apabila dibandingkan dengan iuran yang diterima pada 2019.  Dia melihat bahwa grafik iuran semakin menurun pada 2022, jika penurunan terus terjadi maka dapat diperdiksi pada 2024 akan defisit. 

“Prediksinya 2024 akan menyilang kembali, akan terjadi persilangan kembali antara cost [biaya] per member dan premi per member. Jadi kalau ini terjadi persilangan ini akan terjadi defisit pada saat iuran tahun berjalan,” katanya dikutip Selasa (31/1/2023).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.