Penyebab Inflasi AS Melambat Jadi 7,7 Persen pada Oktober 2022

Langkah Federal Reserve (The Fed) menaikkan suku bunga sejak Juni hingga November ini tampaknya mulai membuahkan hasil. Inflasi Amerika Serikat melambat menjadi 7,7 persen (year-on-year/yoy) pada Oktober.

Nindya Aldila

11 Nov 2022 - 13.13
A-
A+
Penyebab Inflasi AS Melambat Jadi 7,7 Persen pada Oktober 2022

Ilustrasi supermarket di Amerika Serikat (Walmart)

Bisnis, JAKARTA - Langkah Federal reserve (The Fed) menaikkan suku bunga sejak Juni hingga November ini tampaknya mulai membuahkan hasil. Inflasi Amerika Serikat melambat menjadi 7,7 persen (year-on-year/yoy) pada Oktober.

Indeks harga konsumen (IHK) mulai memperlihatkan pertanda mengempis, bahkan di bawah ekspektasi analis sebesar 7,9 persen dan lebih rendah dari inflasi pada September pada 8,2 persen. Pengetatan moneter oleh Bank Sentral AS dan pemulihan rantai pasok menjadi pendorongnya.

Di sisi lain, IHK inti yang mengeliminasi komponen energi dan makanan naik 0,3 persen (month-to-month/mtm) dan 6,3 persen (yoy).

Melandainya inflasi terjadi setelah bank sentral AS secara konsisten menaikkan suku bunga acuan sejak Juni. Yang terakhir, The Fed mengerek suku bunga mencapai 75 basis poin pada pertemuan November. Hasil ini juga bisa memicu kelanjutan kenaikan pada Desember.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.