Penyebab Kempisnya Kantong Pendapatan Bea Cukai Tahun 2023

Penerimaan kepabeanan dan cukai sepanjang 2023 meleset dari target setelah positif selama 2 tahun berturut-turut. Penyesuaian tarif cukai tembakau dan perubahan harga komoditas menjadi penyebab utamanya.

Maria Elena

3 Jan 2024 - 20.32
A-
A+
Penyebab Kempisnya Kantong Pendapatan Bea Cukai Tahun 2023

Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawati pengecekan kesiapan layanan bea cukai di Bandara Internasional Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Minggu (9/4/2023)

Bisnis, JAKARTA - Penerimaan kepabeanan dan cukai sepanjang 2023 meleset dari target setelah positif selama 2 tahun berturut-turut. Penyesuaian tarif cukai tembakau dan perubahan harga komoditas menjadi penyebab utamanya. 

Penerimaan kepabeanan dan cukai pada 2023 tercatat sebesar Rp286,2 triliun atau hanya mencapai 95,4% dari target. Capaian itu terkontrak sebesar 9,9% dibandingkan dengan realisasi pada 2022. 

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati menjelaskan penerimaan cukai menjadi kontributor utama, yang tercatat mencapai Rp221,8 triliun atau mencapai 97,6% dari target Perpres 75/2023.

Menurut Sri Mulyani, penerimaan cukai yang kurang optimal dipengaruhi oleh kenaikan tarif cukai hasil tembakau yang mendorong penurunan produksi rokok, terutama pada golongan 1.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
company-logo

Lanjutkan Membaca

Penyebab Kempisnya Kantong Pendapatan Bea Cukai Tahun 2023

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.