Penyebab Lambat Realisasi Impor Gula

Direktur Utama ID Food, Frans Marganda Tambunan menjelaskan soal penyebab dari realisasi impor gula yang lambat. Padahal, penambahan pasokan dibutuhkan karena harga di pasar sudah melewati harga acuan pembelian.

Dwi Rachmawati

24 Okt 2023 - 14.08
A-
A+
Penyebab Lambat Realisasi Impor Gula

Harga acuan pembelian/penjualan (HAP) yang ditetapkan dalam Perbadan No. 17/2023 sebesar Rp14.500-Rp15.500 per kilogram. - Foto BID

Bisnis, JAKARTA - Direktur Utama ID Food, Frans Marganda Tambunan menjelaskan soal penyebab dari realisasi impor gula yang lambat. Padahal, penambahan pasokan dibutuhkan karena harga di pasar sudah melewati harga acuan pembelian.

Frans menyebut nilai tukar Rupiah terhadap Dolar Amerika Serikat yang anjlok menjadi tantangan dalam importasi. Rupiah yang makin terdepresiasi diperparah dengan lonjakan harga gula di pasar global. "Tahun ini, selain kurs juga harga gula dunia menjadi catatan," ujar Frans, Senin (23/10/2023).

Adapun ID Food masih memiliki sisa kuota penugasan impor gula sebanyak 125.000 ton hingga akhir tahun. Frans mengatakan perizinan impor gula tersebut tengah dalam proses penerbitan di Kementerian Perdagangan.

Sebelumnya, Frans berujar realisasi sisa kuota impor gula tahun ini hanya tinggal menunggu izin impor dari Kemendag.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Fatkhul Maskur
company-logo

Lanjutkan Membaca

Penyebab Lambat Realisasi Impor Gula

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.