Free

Penyebab Volodymyr Zelensky Masuk Daftar Buronan Rusia

Rusia memasukkan nama pemimpin Ukraina Volodymyr Zelensky ke daftar buronan dengan tuduhan tindakan kriminal.

Nindya Aldila

6 Mei 2024 - 12.08
A-
A+
Penyebab Volodymyr Zelensky Masuk Daftar Buronan Rusia

Bisnis, JAKARTA - Rusia memasukkan Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky ke dalam daftar buronan setelah belum lama ini mengirimkan pasukan ke Ukraina untuk menggulingkan Zelensky. 

Nama Zelensky muncul dalam basis data kriminal otoritas Rusia. Dalam keterangan singkat pemimpin Ukraina itu dicari berdasarkan pasal hukum pidana, tanpa memberikan rincian lebih lanjut, seperti dilaporkan France 24. 

Kementerian Luar Negeri Ukraina mengatakan tindakan tersebut menunjukkan "keputusasaan mesin dan propaganda negara Rusia, yang tidak tahu harus memikirkan hal apa lagi untuk menarik perhatian".

Pada tahun lalu, Zelensky mengatakan ada setidaknya lima atau enam kali upaya pembunuhan terhadap dirinya, tetapi telah digagalkan.

Presiden Rusia Vladimir Putin saat menjawab pertanyaan wartawan di Kremlin, Moskow pada 22 Desember 2022. (Kremlin)

Presiden Vladimir Putin telah mengirimkan pasukan ke Ukraina lalu meminta tentara Ukraina untuk menggulingkan Zelensky. 

Sebelumnya, Rusia juga telah memasukkan beberapa politisi dan politikus Ukraina dan Eropa ke dalam daftar pencarian orang yang jumlahnya mencapai puluhan ribu. 

Salah satu di antaranya adalah Perdana Menteri Estonia Kaja Kallas karena dianggap menodai sejarah atas tindakannya yang menghancurkan monumen era Soviet, dilaporkan The Moscow Times.  

Pengadilan Kriminal Internasional (ICC) memerintahkan penangkapan Putin atas tuduhan kejahatan perang terkait penculikan anak-anak Ukraina. Sementara Moskow membalasnya dengan mengeluarkan perintah penangkapan jaksa ICC atas tuduhan kriminal. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.