Penyelamatan Modal Inti Bank Mini DNAR Hingga Milik Hary Tanoe

APRO Financial Co.Ltd selaku pemegang saham mayoritas Bank Oke bertindak sebagai pembeli siaga dalam aksi rights issue. Selain Bank Oke, deretan bank mini, tak terkecuali milik Hary Tanoesoedibjo juga melakukan aksi serupa.

Asteria Desi Kartikasari

7 Okt 2022 - 17.53
A-
A+
Penyelamatan Modal Inti Bank Mini DNAR Hingga Milik Hary Tanoe

Pekerja melakukan perawatan gedung di dekat logo Bank Oke Indonesia di Jakarta, Jumat (12/11/2021). Bisnis/Arief Hermawan P

Bisnis, JAKARTA— Deretan bank mini mulai dari PT Bank Oke Indonesia Tbk. (DNAR) hingga PT MNC Bank Internasional Tbk. (BABP) milik taipan Hary Tanoesoedibjo geber rights issue hingga sisa tahun 2022. Langkah tersebut sebagai salah satu strategi untuk memenuhi ketentuan modal inti minimum.

Otoritas Jasa Keuangan (OJK) meminta bank untuk memiliki modal setidaknya Rp3 triliun hingga akhir tahun ini.  Misalnya saja, Bank Oke dalam hal ini akan menerbitkan 2,93 miliar saham dengan nilai nominal Rp100 per lembar. Harga pelaksanaan aksi korporasi ini ditetapkan sebesar Rp170 per saham, sehingga total dana hasil rights issue ditargetkan mencapai sekitar Rp500 miliar.

Pada aksi korporasi tersebut, APRO Financial Co.Ltd selaku pemegang saham mayoritas Bank Oke bertindak sebagai pembeli siaga.  Sekdar informasi, APRO merupakan perusahaan holding investasi yang bermarkas di Korea Selatan. 

Mayoritas (98,84 persen) saham perusahaan ini dimiliki oleh J&K Capital Co Ltd, entitas konglomerasi yang sepenuhnya dikuasai konglomerat Yoon Choi. Sisa saham minor APRO (di luar saham treasury dan saham karyawan) dimiliki oleh YES Capital. Patut digarisbawahi jika YES juga merupakan entitas turunan (anak usaha) J&K Capital. Karenanya, jika mengacu Peraturan Presiden Nomor 13 Tahun 2018, Yoon Choi merupakan penerima manfaat akhir tunggal atas DNAR.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
company-logo

Lanjutkan Membaca

Penyelamatan Modal Inti Bank Mini DNAR Hingga Milik Hary Tanoe

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.