Free with Login

Penyempurnaan Aturan Tarif Asuransi Kendaraan Listrik Dikaji

Penyempurnaan aturan terkait dengan penetapan tarif asuransi kendaraan bermotor bakal dikaji otoritas untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Pernita Hestin Untari

23 Feb 2024 - 17.56
A-
A+
Penyempurnaan Aturan Tarif Asuransi Kendaraan Listrik Dikaji

Jurnalis melakukan uji berkendara motor listrik di Alva Manufacturing Facility di Cikarang, Jawa Barat pada Rabu (20/9/2023). - Bisnis/Arief Hermawan P.

Bisnis, JAKARTA— Penyempurnaan aturan terkait dengan penetapan tarif asuransi kendaraan bermotor bakal dikaji otoritas untuk mendukung pengembangan ekosistem kendaraan ramah lingkungan tersebut.

Dalam hal ini, aturan penetapan tarif asuransi kendaraan bermotor tertuang dalam Surat Edaran OJK (SEOJK) Nomor 6 Tahun 2017 supaya menyesuaikan dengan kendaraan listrik. Kepala Eksekutif Pengawas Perasuransian, Penjaminan, dan Dana Pensiun (PPDP) OJK Ogi Prastomiyono mengatakan, dalam hal ini otoritas akan mempertimbangkan risiko-risiko khusus yang timbul pada kendaraan listrik.

“Seperti risiko tegangan tinggi, risiko kecelakaan karena less noise pada kendaraan listrik dan risiko kegagalan sistem pada kendaraan listrik,” tutur Ogi dalam jawaban tertulisnya, Rabu (21/2/2024). 

Meskipun saat ini asuransi kendaraan listrik memang belum diatur secara khusus oleh OJK, namun penerapan tarif pada produk asuransi kendaraan listrik masih mengacu pada aturan konvensional yang tercantum dalam SEOJK Nomor 6 Tahun 2017 mengenai penetapan tarif pada lini usaha kendaraan bermotor dan harta benda. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Asteria Desi Kartikasari
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.