Peperangan Hantam Ekonomi Israel, Sepertiga Bisnis Tutup

Penggempuran terhadap wilayah Gaza telah memukul ekonomi Israel seiring dengan pelemahan mata uang dan penutupan aktivitas bisnis. Pada saat yang sama, warga Israel mulai kehilangan kepercayaan pada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Nindya Aldila & Feni Freycinetia Fitri

10 Nov 2023 - 16.02
A-
A+
Peperangan Hantam Ekonomi Israel, Sepertiga Bisnis Tutup

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu./REUTERS-Ronen Zvulun

Bisnis, JAKARTA - Penggempuran terhadap wilayah Gaza telah memukul ekonomi Israel seiring dengan pelemahan mata uang dan penutupan aktivitas bisnis. Pada saat yang sama, warga Israel mulai kehilangan kepercayaan pada Perdana Menteri Benjamin Netanyahu.

Gubernur Bank Sentral Israel atau Bank of Israel Amir Yaron mengatakan bahwa perang dengan Hamas merupakan "guncangan besar" bagi perekonomian negara tersebut dan terbukti lebih mahal dari perkiraan semula. Ekonomi Israel pun babak belur untuk menahan dampak dari perang. 

"Meskipun ekonomi Israel kuat dan stabil, tidak diragukan lagi bahwa perang ini akan memiliki implikasi fiskal dan menimbulkan tekanan anggaran," kata Yaron dikutip dari Bloomberg, Jumat (10/11/2023). 

Pertumbuhan produk domestik bruto Israel kemungkinan akan turun 1% pada akhir 2023 hingga 2024. Selain itu, rasio utang terhadap PDB kemungkinan akan meningkat lebih dari 65% pada akhir tahun 2024 seiring melonjaknya biaya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso
company-logo

Lanjutkan Membaca

Peperangan Hantam Ekonomi Israel, Sepertiga Bisnis Tutup

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.