Pepes Jambal Enim, Rumah Makan Legendaris Dekat Sungai Walahar

Selain suasana yang terasa tenang, kesan haritage juga terasa di rumah makan ini. Sebab, untuk dapur masaknya, warung makan ini masih menggunakan bangunan lama mereka dan proses memasaknya masih menggunakan tungku api.

Lukman Nur Hakim

23 Okt 2023 - 15.02
A-
A+
Pepes Jambal Enim, Rumah Makan Legendaris Dekat Sungai Walahar

Pepes Jambal salah satu menu di rumah makan HJ Muryati Himah (H. Emin) Karawang, Jumat (20/10/2023). Bisnis/Adam Rumansyah

Bisnis, KARAWANG – Mendengar kata Jambal Roti, pikiran langsung tervisualkan dengan ikan yang lezat nan empuk hasil olahan dari ikan manyung khas Pangandaran.

Meski asli dari Pangandaran, olahan ikan Jambal Roti menjadi kudapan di berbagai daerah, salah satunya di Karawang.

Di kota yang letaknya tidak jauh dari Jakarta ini, terdapat salah satu rumah makan legendaris bernama Rumah Makan Pepes Jambal Haji Muryati Hikmah (Enim)

Dalam rangkaian mengarungi pelabuhan di utara Jawa, tim Jelajah Pelabuhan Bisnis Indonesia sempat menyambangi Rumah Makan Pepes Jambal Haji Enim di Jalan Bendungan Walahar No.65, Karawang, Jawa Barat.

Baca juga: Jelajah Pelabuhan 2023: Menikmati Sambal dan Oleh-Oleh Bu Rudy

Saat menyambangi warung makan ini, kesan rumah makan kekeluargaan begitu terasa dari banyaknya pengujung yang makan bersama dengan keluarga atau kolega kerja mereka.

Selain suasana yang terasa tenang, kesan haritage juga terasa di rumah makan ini. Sebab, untuk dapur masaknya, warung makan ini masih menggunakan bangunan lama mereka dan proses memasaknya masih menggunakan tungku api.


Proses memasak masih menggunakan kayu bakar di rumah makan HJ Muryati Himah (H. Emin) yang menyediakan beragam menu masakan pepes, Jumat (20/10/2023). Bisnis/Adam Rumansyah

Tim Jelajah Pelabuhan mencoba memesan menu andalan di warung makan ini, yaitu Pepes Ikan Jambal, Pepes Ayam, dan Pepes Jamur.

Saat hidangan sampai ke meja makan, wangi paduan rempah dan balutan daun pisang yang membungkusnya seakan menggoda untuk dicoba.

Benar saja. Rasa penuh rempah dan lembutnya ikan Jambal Roti dipadukan dengan nasi hangat serta sambal khas dari warung ini benar-benar memanjakan lidah tim Jelajah Pelabuhan.

Baca juga: Tanjung Perak Terapkan STID demi Tekan Kepadatan Truk

Lebih lanjut berdasarkan pantauan, sedari tim datang pukul 11.00 WIB tampak pengunjung selalu berdatangan dan tidak ada meja kosong pada saat jam makan siang.

Hal ini dibenarkan oleh salah seorang karyawan warung Pepes Jambal Haji Enim ini bahwa rumah makan selalu ramai menjelang dan pascamakan siang.

Terlebih jika memasuki hari libur. Pengunjung bisa terus membeludak dan tiada henti. Untuk penjualan, dalam sehari rumah makan Pepes Jambal Haji Enim ini dapat menjual kurang lebih satu kwintal ikan Jambal Roti dan 140 ekor ayam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Jaffry Prabu Prakoso

Anda harus login untuk mengomentari artikel ini

Total 0 Komentar

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.