Perang Bikin Susah Ekonomi Dunia, G20 Siapkan Jalan Keluar

IMF dan World Bank menyebutkan perang Rusia-Ukraina akan menjadi pengganjal pemulihan ekonomi global. Sementara itu, sebagai ekspresi protes atas invasi ke Ukraina, terjadi aksi walkout saat saat utusan Rusia menyampaikan pendapatnya dalam pertemuan G20 di Washington D.C., Rabu (20/4/2022) waktu setempat.

Saeno

22 Apr 2022 - 15.59
A-
A+
Perang Bikin Susah Ekonomi Dunia, G20 Siapkan Jalan Keluar

Menteri Keuangan RI Sri Mulyani dan Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo saat memimpin pertemuan Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral G20 (FMCBG) putaran pertama di Jakarta./g20.org

Bisnis, JAKARTA – Isu perang Rusia-Ukraina menjadi topik yang mendominasi pertemuan Bank Dunia dan IMF di Washington. IMF dan World Bank menyebutkan perang Rusia-Ukraina akan menjadi pengganjal pemulihan ekonomi global. 

Sementara itu, sebagai ekspresi protes atas invasi ke Ukraina, terjadi aksi walkout saat saat utusan Rusia menyampaikan pendapatnya dalam pertemuan G20 di Washington D.C., Rabu (20/4/2022) waktu setempat.  

Bisa jadi semua negara jengkel dengan invasi Rusia ke Ukraina, namun tidak semua mengekspresikannya secara terbuka. Betapa tidak, konflik sesama pecahan Uni Soviet itu membuat perekonomian dunia terkendala. Belum lagi, hal itu diperparah dengan aksi Amerika Serikat dan sekutunya yang mengambil momentum invasi itu untuk menghukum Rusia. 

Perang Rusia-Ukraina dan sanksi ekonomi yang dijatuhkan AS dan sekutunya kemudian menjadi dua dayung besar yang mengayuh biduk besar pembawa kesulitan ekonomi merambat ke berbagai wilayah. Berbagai dampak ikutan pun menumpang di biduk alias perahu besar itu, seperti kenaikan harga komoditas, kesulitan pasok dan ancaman kelangkaan pangan,

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Perang Bikin Susah Ekonomi Dunia, G20 Siapkan Jalan Keluar

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.