Perang Makin Rumit, Lonjakan Harga Komoditas Sulit Terbendung

Rusia dan Ukraina belum juga mencapai kesepakatan meski pertemuan antar dua negara terus digelar di sejumlah tempat. Di sisi lain, sejumlah pejabat AS dan Kanada justru memperumit konflik geopolitik.

Febrina Ratna Iskana

11 Mar 2022 - 21.09
A-
A+
Perang Makin Rumit, Lonjakan Harga Komoditas Sulit Terbendung

Sejumlah kapal tongkang pengangkut batubara melakukan bongkar muatan di perairan Sungai Musi, Palembang, Sumatera Selatan, Senin (19/7/2021). - ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Bisnis, JAKARTA – Siapa yang menyangka harga batu bara bisa menembus level US$ 400 per ton? Harga emas mencapai menyentuh level US$ 2.000 per ounce, dan harga minyak melonjak hingga melewati US$ 100 per barel?

Bahkan harga nikel meroket hingga lebih dari US$ 100.000 per ton hingga Bursa Berjangka London (LME) harus menghentikan sementara perdagangan komoditas itu. Hingga akhir pekan ini, LME belum juga membuka perdagangan nikel. 

Pelaku pasar di mana pun tak menyangka harga komoditas bakal bergerak begitu liar hanya dalam dua pekan. Penyebab utamanya, tentu saja, invasi Rusia ke Ukraina yang dimulai pada 24 Februari 2021. 

Sudah dua pekan perang berlangsung, namun tanda-tanda perang bakal berakhir belum juga tampak. Kedua negara mencoba mencapai kesepakatan dengan menggelar pembicaraan tingkat tinggi yang berlangsung di Turki pada Kamis (10/3/2021) waktu setempat. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Febrina Ratna Iskana
company-logo

Lanjutkan Membaca

Perang Makin Rumit, Lonjakan Harga Komoditas Sulit Terbendung

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.