Perang Timur Tengah Picu Guncangan Ganda pada Pasar Energi

Bank Dunia memperingatkan potensi inflasi energi dan pangan akibat peperangan di Timur Tengah bakal menciptakan guncangan ganda bagi pasar komoditas.

Nancy Junita & Erta Darwati

31 Okt 2023 - 13.30
A-
A+
Perang Timur Tengah Picu Guncangan Ganda pada Pasar Energi

Instalasi tie-in manifold untuk pembangunan ladang gas Karish, Israel. (Dok. Energean)

Bisnis, JAKARTA - Bank Dunia memperingatkan potensi inflasi energi dan pangan akibat peperangan di Timur Tengah bakal menciptakan guncangan ganda bagi pasar komoditas. 

Harga minyak telah meningkat 6 persen sejak putaran terakhir pertempuran, yang dipicu ketika militan Hamas dari Gaza menyerbu Israel bagian Selatan dan menewaskan lebih dari 1.400 orang, sebagian besar warga sipil, dan menyandera hampir 240 orang, menurut para pejabat Israel.

Israel membalasnya dengan pemboman tanpa henti terhadap Gaza, yang menurut kementerian kesehatan Hamas telah menewaskan lebih dari 8.000 orang, hampir separuhnya adalah anak-anak.

Kepala Ekonom Bank Dunia Indermit Gill memperingatkan bahwa konflik antara Israel dan Hamas terjadi ketika perang Rusia di Ukraina telah memberi tekanan pada pasar, dan perang tersebut menjadi kejutan terbesar terhadap pasar komoditas sejak tahun 1970-an.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.