Perbedaan Mata Uang Kripto dan Konvensional, Alasan Bitcoin Jadi Berharga

Aset kripto kian populer dan menjadi instrumen investasi yang menarik. Namun, banyak yang belum bisa membedakan nilainya dengan mata uang umum. Jadi apa perbedaannya?

Redaksi

1 Apr 2024 - 21.55
A-
A+
Perbedaan Mata Uang Kripto dan Konvensional, Alasan Bitcoin Jadi Berharga

Ilustrasi kripto./Istimewa

Bisnis, JAKARTA - Aset kripto Bitcoin terus mencuri perhatian masyarakat dengan kenaikan harga yang signifikan di awal 2024 ini. Namun, masih terdapat konsepsi yang kurang tepat di masyarakat mengenai perbedaan antara mata uang kripto seperti Bitcoin dengan mata uang fiat (konvensional seperti dolar dan euro). 

Dalam perjalanan panjang sejarah manusia, pencarian bentuk uang yang ideal telah berkembang dari kerang hingga mata uang kripto. Dalam bab terbaru dari evolusi uang ini, Bitcoin hadir sebagai alternatif yang menarik dengan serangkaian karakteristik unik yang membedakannya dari emas dan uang fiat. 

Uang ideal harus memenuhi beberapa kriteria dasar antara lain; tahan lama, dapat diverifikasi, mudah dibagi, sepadan, langka, diterima secara luas, dan tidak dapat disensor. Emas dan uang fiat (seperti dolar atau euro) tradisionalnya telah memenuhi sebagian besar kriteria ini dengan berbagai tingkat keberhasilan.

Karakteristik Bitcoin

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Rinaldi Azka
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan login terlebih dahulu

BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.