Percepat HKI Jadi Agunan Kredit, Saatnya Belajar dari Tetangga

Implementasi hak kekayaan intelektual (HKI) sebagai agunan telah dilakukan di sejumlah negara seperti Malaysia, China, Hongkong, dan Singapura. Beberapa bank internasional yang ada di Indonesia pun terlibat dalam skema pembiayaan tersebut. Indonesia dapat mencontoh praktik di negara-negara itu.

Emanuel Berkah Caesario
Sep 2, 2022 - 7:03 AM
A-
A+
Percepat HKI Jadi Agunan Kredit, Saatnya Belajar dari Tetangga

Hak kekayaan intelektual. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA - Implementasi hak kekayaan intelektual (HKI) sebagai agunan telah dilakukan di sejumlah negara seperti Malaysia, China, Hongkong, dan Singapura. Langkah Indonesia untuk merintis hal serupa sangat mungkin diwujudkan, kendati bakal cukup banyak tantangannya.

Sejumlah bank internasional yang memiliki kantor cabangnya di Indonesia sejatinya sudah terlibat dalam skema pembiayaan berbasis HKI tersebut. Jadi, hal ini bukanlah sesuatu yang benar-benar baru bagi industri perbankan. Indonesia hanya perlu mencontoh dengan hati-hati best practice di luar negeri.

Seperti diketahui, baru-baru ini pemerintah menerbitkan Peraturan Pemerintah No. 24/2022 tentang Peraturan Pelaksanaan Undang-Undang No. 24/2019 tentang Ekonomi Kreatif.

Peraturan yang diteken Presiden Joko Widodo pada 12 Juli 2022 lalu tersebut memungkinkan hak cipta atau HKI bisa menjadi agunan atau jaminan untuk pinjaman perbankan. Beleid itu bakal mulai berlaku 1 tahun sejak tanggal diundangkan.

Editor: Emanuel Berkah Caesario
company-logo

Lanjutkan Membaca

Percepat HKI Jadi Agunan Kredit, Saatnya Belajar dari Tetangga

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ