Pergerakan Ekonomi Indonesia, Roda Masih Bisa Berputar

Penjualan eceran masih memperlihatkan daya dorongnya, terlepas bahwa itu terjadi pada momen khusus seperti masa Ramadan dan Idulfitri yang baru lalu. Paling tidak, selama faktor penghambatnya kecil, roda ekonomi masih mungkin digerakkan oleh masyarakat.

Saeno
Jun 10, 2022 - 12:45 PM
A-
A+
Pergerakan Ekonomi Indonesia, Roda Masih Bisa Berputar

Ilustrasi - Mal Depok. Roda ekonomi masih bisa menggerakkan perekonomian Indonesia./Bisnis-Himawan L Nugraha

Bisnis, JAKARTA – Di tengah kekhawatiran atas kondisi global, roda perekonomian nasional memperlihatkan potensi untuk terus bergerak. Penjualan eceran masih memperlihatkan daya dorongnya, terlepas bahwa itu terjadi pada momen khusus seperti masa Ramadan dan Idulfitri yang baru lalu. Paling tidak, selama faktor penghambatnya kecil, roda ekonomi masih mungkin digerakkan oleh masyarakat.

Ke depan, peluang terjadinya pergerakan ekonomi pun masih terbuka lebar selama harapan masyarakat bisa dipenuhi oleh pemerintah.

Indeks Keyakinan Konsumen (IKK) pada Mei 2022 menunjukkan optimisme masyarakat atas perbaikan kondisi ekonomi di Tanah Air. IKK Mei 2022 yang mencapai 128,9, menunjukkan peningkatan dibandingkan IKK bulan sebelumnya yang berada di posisi 113,1. 

Persepsi positif konsumen atas kondisi ekonomi saat ini menjadi penopang meningkatnya IKK Mei 2022. Meningkatnya optimisme pada Mei 2022 ditengarai didorong oleh peningkatan mobilitas masyarakat karena tidak adanya pembatasan pada masa libur Lebaran tahun ini.

Editor: Saeno
company-logo

Lanjutkan Membaca

Pergerakan Ekonomi Indonesia, Roda Masih Bisa Berputar

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ