Peringatan Resesi IMF Kendurkan Optimisme Pemulihan Global

Optimisme pemulihan global kian terkikis oleh prospek melambatnya ekonomi global dan inflasi yang lebih cepat pada 2023. Krisis energi hingga tekanan di pasar keuangan menjadi pemicunya.

Nindya Aldila

11 Okt 2022 - 12.33
A-
A+
Peringatan Resesi IMF Kendurkan Optimisme Pemulihan Global

Bisnis, JAKARTA - Optimisme pemulihan global kian terkikis oleh prospek melambatnya ekonomi global dan inflasi yang lebih cepat pada 2023. Krisis energi hingga tekanan di pasar keuangan menjadi pemicunya.

Pada saat yang sama, Federal Reserve tidak akan mengerem langkahnya untuk menaikkan suku bunga acuan. Alarm resesi global makin kencang diungkapkan oleh Direktur Pelaksana IMF Kristalina Georgieva dalam pertemuan tahunan badan pemberi pinjaman dunia di Washington pada Senin (10/10/2022).

Dalam pidato di Georgetown University pada pekan lalu, Georgiva juga telah mengatakan bahwa IMF akan mengumumkan pemangkasan prospek ekonomi global tahun 2023 dalam acara tahunan tersebut.

Tekanan ekonomi terjadi di seluruh kawasan, termasuk negara dengan ekonomi maju. Roda perekonomian di wilayah Eropa melambat karena harga gas alam melonjak. Sementara itu, perlambatan ekonomi China juga terjadi karena kebijakan zero covid dan volatilitas di sektor perumahan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Nindya Aldila
Anda belum memiliki akses untuk melihat konten

Untuk melanjutkannya, silahkan Login Di Sini

Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.