Perisai PLN Tangkal Kenaikan TDL Akibat Lonjakan Harga Energi

Lonjakan harga komoditas energi tersebut sejatinya dapat memicu kenaikan tarif dasar listrik (TDL) karena lonjakan harga komoditas akan berdampak pada biaya pokok penyediaan (BPP) listrik.

Ibeth Nurbaiti

8 Mar 2022 - 12.00
A-
A+
Perisai PLN Tangkal Kenaikan TDL Akibat Lonjakan Harga Energi

Deretan bangunan bertingkat memancarkan cahaya lampu di Jakarta, Sabtu (19/2/2022). PT PLN (Persero) mengungkapkan konsumsi listrik masyarakat Indonesia tahun 2021 tumbuh pesat. Hal tersebut tercatat dari penjualan listrik PLN pada 2021 mencapai 255,1 Tera Watt hour (TWh), lebih tinggi dari penjualan listrik pada 2019 yang tercatat sebesar 243,1 TWh sebelum terjadinya pandemi Covid-19. Bisnis/Suselo Jati

Bisnis, JAKARTA — Ketidakseimbangan antara pasokan dan permintaan komoditas energi sejak pandemi Covid-19 merebak, telah berdampak pada kenaikan harga komoditas secara global. Ditambah lagi dengan kemelut geopolitik yang terjadi di Eropa Timur antara Rusia dan Ukraina kian memperburuk kondisi ini.

Krisis energi pun mulai membayangi sejumlah negara meskipun harga minyak dan gas bumi serta batu bara terus melonjak tajam. Ketidakpastian pasokan komoditas energi terus menghantui, menyusul sanksi yang dijatuhkan Barat terhadap Rusia.

Eropa yang selama ini bergantung pada gas alam Rusia, yang memasok sekitar 40 persen dari kebutuhannya, kini dihadapkan pada harga gas acuan yang melonjak ke rekor tertinggi karena para pedagang khawatir Rusia dapat membatasi pasokannya.

Baca juga: Pengembangan EBT Kian Terbuai Lonjakan Harga Minyak & Batu Bara

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Ibeth Nurbaiti
company-logo

Lanjutkan Membaca

Perisai PLN Tangkal Kenaikan TDL Akibat Lonjakan Harga Energi

Dengan paket langganan dibawah ini :

Tidak memerlukan komitmen. Batalkan kapan saja.

Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.

Copyright © Bisnis Indonesia Butuh Bantuan ?FAQ
Kembali ke Atas
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.