Perjuangan Berat Bank Mempertebal Porsi Dana Murah

Upaya perbankan dalam menghimpun dana murah dari nasabah dinilai tidak mudah. Butuh strategi khusus agar masyarakat tertarik menaruh uang mereka di tabungan, yang tidak memberikan bunga besar kepada nasabah.

Emanuel Berkah Caesario

26 Sep 2022 - 16.46
A-
A+
Perjuangan Berat Bank Mempertebal Porsi Dana Murah

Ilustrasi tabungan. Sumber: Canva

Bisnis, JAKARTA — Kalangan perbankan kian berambisi untuk meningkatkan porsi dana murah dalam struktur dana pihak ketiga (DPK) yang dimilikinya. Namun, upaya ini bakal makin menantang di tengah persaingan yang makin sengit di era digital.

Dana murah adalah dana yang ditempatkan oleh nasabah di perbankan dengan tingkat bunga rendah. Ini mencakup giro dan tabungan atau current account saving account (CASA). Sebaliknya, dana mahal atau deposito adalah simpanan berbunga tinggi dengan jangka waktu tertentu.

Umumnya, bank memang memfavoritkan dana murah, sebab biaya dananya rendah. Hal ini memungkinkan bank untuk mendapatkan margin bunga bersih yang lebih tebal. Namun, daya tarik jenis simpanan ini pun sangat rendah di mata nasabah.

Alhasil, untuk mendapatkan likuiditas atau modal untuk menyalurkan kredit, bank harus ‘merayu’ nasabah untuk mau menempatkan uangnya di bank dengan bunga lebih tinggi. Sebagai kompensasinya, nasabah harus bersedia untuk tidak menarik dananya dalam waktu tertentu. Itulah deposito berjangka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel
Editor: Emanuel Berkah Caesario
Jelajahi peluang bisnis terpercaya dengan berlangganan
Temukan keleluasaan dan keuntungan maksimal dengan pilihan paket berlangganan eksklusif ini
BERLANGGANAN SEKARANG
Tidak Memerlukan Komitmen, Batalkan Kapan Saja
Penawaran terbatas. Ini adalah penawaran untuk Langganan Akses Digital Dasar. Metode pembayaran Anda secara otomatis akan ditagih di muka setiap empat minggu. Anda akan dikenai tarif penawaran perkenalan setiap empat minggu untuk periode perkenalan selama satu tahun, dan setelah itu akan dikenakan tarif standar setiap empat minggu hingga Anda membatalkan. Semua langganan diperpanjang secara otomatis. Anda bisa membatalkannya kapan saja. Pembatalan mulai berlaku pada awal siklus penagihan Anda berikutnya. Langganan Akses Digital Dasar tidak termasuk edisi. Pembatasan dan pajak lain mungkin berlaku. Penawaran dan harga dapat berubah tanpa pemberitahuan.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.
BIG MEDIA
Jalan K.H. Mas Mansyur No. 12AKaret Tengsin - Jakarta Pusat 10220
© Copyright 2024, Hak Cipta Dilindungi Undang - Undang.